EDUKASI MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN DAN PENANGGULANGAN SAMPAH DI DESA SUKATENDEL KECAMATAN TIGANDERKET KABUPATEN KARO

Suci Ramadhani, Nur Ade Erma Nia, Riris Silvia Tampubolon, Zulita Mega Anggriany, Rizki Amelia Nasution

Abstract


Persoalan sampah merupakan persoalan yang sangat penting bagi masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di Pedesaan. Hal ini menjadi penting untuk dibahas karena berkaitan dengan sistem kehidupan di masyarakat yang berkaitan juga dengan nilai-nilai sosial dan budaya. Secara garis besar lingkungan yang sehat menjadi pemicu berkembangnya interaksi sosial dan kebudayaan yang positif bagi masyarakat. Desa Sukatendel Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo merupakan salah satu desa yang juga dihadapkan dengan persoalan sampah. Mengingat begitu banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah terhadap kesehatan lingkungan yang juga merusak nilai sosial dan budaya, dilakukan edukasi juga upaya pengelolaan dan penanggulangan sampah sebagai solusi dari permasalahan sampah yang ada di Desa Sukatendel Kecamatan Tiganderket Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui analisa dan verifikasi terhadap program yang sudah dilakukan oleh Tim KKN 185 di Desa Sukatendel sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dalam melakukan edukasi kepada masyarakat untuk pengelolaan dan penanggulangan sampah di Desa Sukatendel adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai optimalisasi pengelolaan sampah dan dampak pada Desa Sukatendel melalui kegiatan seminar, pemberdayaan sampah menjadi lahan ekonomi baru bagi masyarakat Desa Sukatendel melalui pembuatan ekonomi kreatif dari sampah kulit jagung, dan juga pembuatan tempat sampah permanen sebagai solusi dari penanggulangan sampah di Desa Sukatendel.


Keywords


Edukasi, Pengelolaan, Penanggulangan, Sampah

Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2008. Peluang Agribisnis Arang Sekam. Balai Penelitian Pasca Panen Pertanian. http://www.pustaka-deptan.go.id/publikasi/wr254033.

Chandra B, 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Hardiwiyanto, S. 2003. Penanganan dan Pemanfaatan Sampah. Jakarta : Yayasan Idayu.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pandu, E. 2017. Konsep 3R. Kompasiana, Page 1 Artikel Pada Kabar Berita.

Paramita, Daniar dkk. 2021. Manajemen Industri Kreatif, Buku Ajar Perkuliahan. Lumajang : Widya Gama Press.

Pijar. 2022. Indonesia Bersih Melalui Ekosistem Tata Kelola Sampah Yang Sehat. Page 1.

Prasetyawati, D. P. 2015. Pemanfaatan Kulit Jagung dan Tongkol Jagung (Zea Mays) Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kertas Seni Dengan Penambahan Natrium Hidroksida (NaOH) dan Pewarna Alami. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso. 2016. Dampak Negatif Sampah Terhadap Lingkungan dan Upaya Mengatasinya. http://www.bio.unsoed.ac.id

Undang-Undang RI No. 18 Tentang Pengelolaan Sampah. 2008. Jakarta : Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Wiza, Rahmi dkk. 2021. Pemanfaatan Kulit Jagung Sebagai Bahan Cendera Mata Pada Daerah Pariwisata Salibutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Dedikasi a.JPM), 1 (2), 1-12. Padang : Dedikasia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3163-3174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.