UPAYA PENINGKATAN POLA PIKIR ORANG TUA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN REMAJA DESA PEMATANG JOHAR DUSUN XV

Icha Ariyana, Syecha Syecha, Amelia Hanifa, Fadilah Amelia Nasution, Zulpahmi Lubis

Abstract


Salah satu desa yang ada di Kecamatan Labuhan Deli Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Deli Serdang adalah Desa Pematang Johar. Orang tua harus menempatkan prioritas tinggi pada pendidikan anak-anak mereka. Pendidikan masih belum menjadi perhatian utama di masyarakat Pematang Johar karena orang tua di sana masih lebih memilih anak-anak mereka bekerja sebagai petani karena mentalitas mereka yang belum dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi sikap orang tua dalam meningkatkan kualitas pendidikan remaja di Desa Pematang Johar Dusun XV. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan observasional kualitatif, yang melibatkan pengamatan dan pencatatan keadaan atau objek sasaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada jumlah hambatan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk ketersediaan guru dan sikap masyarakat. Selain itu, perlu melatih tenaga pendidik, melibatkan masyarakat dalam kegiatan sosial, dan menyelenggarakan program belajar untuk mengubah pola pikir lingkungan.

 


Keywords


Pola Pikir, Orang tua, Remaja, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Darlis. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal. Jurnal Tarbiyah, Vol. XXIV No.1(PENDIDIKAN), 84–103.

Kasus, S., Pilowo, D., Morotai, K., Kabupaten, S., Morotai, P., Hayun, S., Program, D., Pendidikan, S., & Sekolah Dasar, G. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Pentingnya Pendidikan Formal. JMP Online, 3(8), 1092–1104.

Kodrat, D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir Dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam OPEN ACCESS JKPIs, 2(1), 1–6. www.jkpis.com

Pemerintah Desa Pematang Johar. (n.d.). Perkembangan Tingkat Pendidikan Masyarakat.

Https://Desapematangjohar.Deliserdangkab.Go.Id/Blog/Halaman/Pendidikan. Retrieved August 28, 2022, from https://desapematangjohar.deliserdangkab.go.id/Blog/Halaman/pendidikan

Pendidikan, J., & Afrizal, O. : (2015). Al-Ishlah Konsep Dasar Pengembangan Pola Pikir Pendidik.

Ruli, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidkan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2017). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol 6, No 2 (2017), 55–65.

Ruli, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidkan, I., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, Vol 1 No 1 (2020), 143–146.

Sherly, N., Yudistin, H., & Arisia Radhini, M. (2020). PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Upaya Peningkatan Pola Pikir Masyarakat Terhadap Pentingnya Kesetaraan Pendidikan Di Indonesia.

Wulan, D. P. A., & Muafa, I. W. (2020). Pola Pikir Masyarakat Asli Papua Dalam Peningkatan Daya Saing Perekonomian. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, 11(1), 57–65. https://doi.org/10.35724/jies.v11i1.2662




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3233-3238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.