PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TATA KELOLA SUMBER DAYA MANUSIA BAGI APARATUR PEMERINTAHAN DESA SE-KABUPATEN BANDUNG

Titin Rohayatin, Agustina Setiawan, Dadan Kurnia, Noer Apptika Fuji Lestari, Siti Munawaroh, Widuri Wulandari

Abstract


Dalam konteks penyelenggaraaan pemerintahan daerah yang terpenting adalah bagaimana pemerintah desa mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya. Hal tersebut hanya mungkin terwujud apabila urusan yang menjadi kewenangan desa dapat terlaksana dengan baik didukung oleh kemampuan sumber daya manusia dari aparatur desanya. Dengan demikian, Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unjani menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dari aparatur pemerintahan desa di Kabupaten Bandung. Metode kegiatan yang dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam pelaksanaan kegiatan melakukan pelatihan dan bimbingan teknis serta membuat standarisasi kompetensi dan sertifikasi profesi, pengembangan kerjasama pelatihan, pengembangan pembelajaran masyarakat melalui platform digital akademi desa 4.0 berbasis inovasi desa. Hasil kegiatan dapat dikatakan efektif karena mampu membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bagi para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Perangkat Desa lainnya dan pendamping Desa dalam rangka tata kelola manajemen Pemerintah Desa dan tata Kelola Aset Desa dalam rangka peningkatan kualitas dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.


Keywords


Pendidikan, Pelatihan, Tata Kelola, Sumber Daya Manusia, Aparatur Pemerintahan, Desa

Full Text:

PDF

References


Alam, A. S., & Prawitno, A. (2015). Pengembangan kapasitas Organisasi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bone. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 93-104.

Amirudin, N., & Musyasaroh. (2022). Pendidikan Moderasi Beragama Melalui Pelatihan Retorika Dakwah Pada Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Gresik. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 1638-1643.

Fajar, A. M., Utami, W., Sunardi, & Sudarsih. (2017). Kualitas Sumber Daya Manusia, Profesionalisme Kerja, Dan Komitmen Sebagai Faktor Pendukung Peningkatan Kinerja Karyawan PDAM Kabupaten Jember. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, IV(1), 131-135.

Kristiono, N. (2018). Modul pelatihan aparatur desa dalam pengelolaan dana desa. Semarang: Rsearchgate. Retrieved from https://www. researchgate.net/publication/324247614_Modul_Pelatihan Aparatur Desa

Notoatmodjo, Soekidjo., 2003, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3615-3627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.