PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE DIGITAL STORY

Muhammad Taufik Hidayat, Teuku Junaidi, Muhammad Yakob, Azrul Rizki, Nuriana Nuriana, Darwan Darwan

Abstract


Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan metode digital story, Buku “Media Pembelajaran Digital Story Berbasis Kearifan Lokal” merupakan buku hasil kolaborasi antara guru dan tim pengusul yang memuat tentang perihal pembelajaran digital story. Hasil kajian dalam kegiatan pengabdian yang dilakukan bersama guru di MGMP dijadikan poin utama dalam buku sehingga permasalahan guru dalam pengajaran teks di sekolah dapat teratasi. Peserta pengabdian adalah 15 orang guru MGMP Bahasa Indonesia yang berada di Kota Langsa. Metode realisasi dan pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan penggunaan media digital story, dan tahap monitoring serta penilaian. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini adalah guru MGMP Bahasa Indonesia Tingkat M.A Kota Lanngsa memberikan respon yang positif dalam kegiatan ini dibuktikan dengan praktik digital story pada perkenalan teks prosedur dan teks narasi. Dari pelaksanaan kegitan program PKM ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Media Digital Story sangat membantu guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan mudah diaplikasikan di dalam kelas.


Keywords


Pelatihan, Multimedia Interaktif, Digital Story

Full Text:

PDF

References


Asri AN, Indrianti T, Perdanasari N. PENERAPAN DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA. :9.

Suhandiah S, Sudarmaningtyas P, Ayuningtyas A. Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya J Pengabdi Kpd Masy. 2019;4(1):108. doi:10.30651/aks.v4i1.3470

Cahyati SS, Parmawati A, Atmawidjaja NS. PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL STORY TELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU SMP DI WILAYAH SUBANG. Abdimas Siliwangi. 2019;2(2):147. doi:10.22460/as.v2i2p147-154.3265

Slamet TI, Alfiansyah A, Al Maki WF, et al. Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru melalui Pelatihan Konten Digital Pembelajaran Berbasis Sumber Terbuka (Open Sources). Aksiologiya J Pengabdi Kpd Masy. 2020;4(1):118. doi:10.30651/aks.v4i1.2316

Akidah I, Mansyur U, Sulaiman R. Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi pada Kelompok Kerja Guru Bahasa dan Sastra Indonesia MA Wihdatul Ulum Desa Bontokassi Gowa. 2021;2(4):10.

Karaman J, Widaningrum I, Setyawan MB, Sugianti S. Penerapan Model Literasi Digital Berbasis Sekolah Untuk Membangun Konten Positif Pada Internet. Aksiologiya J Pengabdi Kpd Masy. 2020;5(1). doi:10.30651/aks.v5i1.3701

Hidayat, f. P., saleh, a., & adhani, a. (2021). Pendidikan literasi media guru sekolah mis al- hidayah dalam menghadapi pengaruh negatif dunia digital pada siswa. 4(2), 7.

Nasution, n., lubis, f. H., & hardiyanto, s. (t.t.). Pemanfaatan media belajar online bagi guru smk yayasan pendidikan harapan di masa pandemi COVID-19. 4.dengan Metode Special Projects Assignments. 9.

Siregar, E. F. S., Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Media Inovatif berbasis Screencast o Matic di Masa Pendemi Covid-19. 5(1), 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2649-2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.