KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DESA PAGARAN GALA-GALA DALAM PERSPEKTIF BUDAYA MENGALOMANG

Vidya Chalista, Tiwi Bastari Batubara, Fadilah Dalimunthe, Mhd Tohiruddin Hsb, Nurhanifah Nurhanifah

Abstract


Tradisi mangalomang merupakan tradisi/ritual di Desa Pagaran Gala-gala, Panyabungan Selatan, Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tradisi mangalomang, mengetahui nilai-nilai budaya dan agama apa yang disampaikan dalam tradisi dan ritual mangalomang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode wawancara kepada beberapa nara sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana tradisi mangalomang yang ada di Desa Pagaran Gala-gala dan nilai-nilai budaya yang dapat kita ambil dari tradisi ini yaitu nilai persahabatan dan gotong royong. Nilai-nilai keagamaan yang disampaikan dalam tradisi tersebut berupa nilai aqidah (Hablummin Allah) dan nilai ibadah (Hablumminan-Nas).


Keywords


Kearifan Lokal, Mangalomang, Tradisi, Nilai.

Full Text:

PDF

References


Asyura, M. (2019). Budaya Kemponan Pada Masyarakat Melayu Pontianak ( Kajian Kearifan Lokal Dalam Kehidupan Sosial Etnik Melayu ) The Culture Of Kemponan In Pontianak Malay Society ( A Study Of Local Wisdom On The Social Life Of Malay Ethnic ). 3(1), 101–120. https://doi.org/10.33652/handep.v3i1.38

Dirham, P. J, S. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal yang Terdapat pada Bagas Godang di Desa Pidoli Dolok Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. 1(2), 71–82.

Ghofur, S. N. A. B. A. (2020). Tinjauan atas Ritual Atib Ko Ambai di Rokan Hulu TOLAK BALAK :16(2).

M.Hum, N. D. (n.d.). Kajian Kearifan Lokal Tradisi Marsattan/Mangupa (Meminta Keselamatan) Pada Masyarakat Mandailing Desa Gunung Malintang Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. 1–18.

Niara, J., Harto, S., & Riau, U. (2019). Model Penguatan Kearifan Lokal Dalam Menjaga Keautentikan Wisata Kuliner Lomang Di Kabupaten Kuantan Singingi. 12(1), 79–85.

YANI, Z. (2019). Cultural And Religious Values In The Tradition Of The Melemang In Karang Raja And Kepur Villag , Muara Enim, Sumatera Selatan. 312–324.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3130-3136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.