PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN, EKONOMI, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN DI DESA PADANG BUJUR KECAMATAN SIPIROK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Hasda Nami Harahap, Ika Milia Wahyuni Siregar, Nurainun Harahap, Sofia Anggreni Siagian, Muaz Tanjung

Abstract


Pada kegiatan pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan terhadap kualitas pendidikan dan keagamaan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan. Agar tujuan dari pemberdayaan masyarakat dapat tercapai dilakukan kegiatan observasi, sosialisasi, diskusi, dan seminar. Kegiatan pendidikan dilaksanakan di SD Padang Bujur yang bertujuan untuk meningkatkan cara belajar anak dan meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa, kegiatan keagamaan bertujuan untuk mengenalkan makhrijul huruf, tajwid, dan cerita Islami kepada anak-anak, kegiatan ekonomi bertujuan untuk menyebarluaskan mengenai oleh-oleh khas desa, kegiatan kesehatan dan lingkungan bertujuan agar lingkungan bersih dan asri, tumbuhan obat dikenali dan mudah ditemukan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang stunting dan cara mencegahnya. Setiap kegiatan dilakukan berdasarkan karakter masyarakat sehingga mudah dipahami. Dengan peningkatan kualitas masyarakat menunjukkan tujuan kegiatan pemberdayaan ini sesuai harapan.


Keywords


Pemberdayaan, Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Achyanadia, Septy & Wahyuni, Tri & Nurjannah. 2018. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN EKONOMI DI DESA LEUWISADENG,” Pemberdayaan Masyarakat , 02 (04)

Administrasi profil dan dokumentasi desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia

Albani, Muhammad Syukri. 2022. Etika Pengabdian : Panduan, SOP, Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN SU. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sumatera Utara Medan.

Chotimah, Deti & Muflihudduin & Anggraini.2018. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, EKONOMI, KESEHATAN DAN LINGKUNGAN,” Pemberdayaan Pada Masyarakat, 02 (01)

Daulay, Asrul. 2012. MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Medan: Perdana Publishing

Endah, Rika. 2021. Metode Pemberdayaan Masyarakat. Jember: Polije Press

Hendrawati & Hamid.2018. Manajemen Pemberdayaan Masyarakat.Makassar: De La Macca

Maulana, Hendri & Halimah.2019.“PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, AGAMA, EKONOMI, KESEHATAN, HUKUM DAN LINGKUNGAN DI DESA CIBITUNG WETAN” 3(3)

Triwoelandari, Retno & Fachri, Khoerul & Salam. 2019. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN, EKONOMI, KESEHATAN, DAN LINGKUNGAN,” Jurnal Pemberdayaan Pada Masyarakat ,3 (4)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.3015-3023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.