PENINGKATAN PEMAHAMAN FINANCIAL DIGITAL TRANSFORMATION PENGURUS PANTI ASUHAN BERKAH PALANGKA RAYA

Dibyo Waskito Guntoro, Haris Munandar, Herman Herman, Wening Mustikaningsih

Abstract


Peningkatan pemahaman kepada pengurus di Panti Asuhan Berkah Kota Palangka Raya diperlukan sebagai langkah awal dalam menghadapi transformasi keuangan digital (financial digital transformation) terutama dalam Lembaga Kesehateraan Sosial (LPS). LPS merupakan Lembaga yang menjalankan konsep filantropi (philanthropy) yaitu sebagai media untuk mempertemukan antara golongan kelebihan dana dengan kekurangan dana. Panti asuhan tidak terlepas dari adanya sistem perputaran dana terutama dalam pengumpulan dana dari para donator. Melalui pemberian pelatihan mengenai perkembangan financial digital transformation yang disesuaikan dengan bidang keilmuan masing-masing tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari bidang ekonomi, psikologi, sosial dan administrai negara. Menggunakan analisis Wilcoxon dilakukan terhadap delapan pengurus panti asuhan didapatkan hasil peningkatan terhadap nilai pre-test dan post-test yang dilakukan.


Keywords


Trasformasi Keuangan Digital, Filantropi

Full Text:

PDF

References


Amalia, C., Haryadi, H., Herman, H., Riduan, M., & Wulandari, W. (2022). Pelatihan guru sma muhammadiyah 1 palangkaraya dalam pembuatan formulir ujian online dengan latex untuk ekpresi dan rumus matematika. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 752–760.

Ananda, D. R. T., & Sawitri, D. R. (2015). Konsep diri ditinjau dari dukungan teman sebaya pada remaja di panti asuhan qosim al-hadi semarang. Jurnal Empati, 4(4), 298–303.

Guntoro, D. W., Indartono, S., & Sholekhah, I. (2019). Understanding gender, marital status & education as internal migration factors in developing countries. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 24(2), 98–107.

Harahap, A. F., Tuah, S., Ariaji, R., & Mulyana, V. (2018). Pelatihan dan pendampingan pengembangan media pembelajaran menggunakan microsoft power point dan camtasia di smamuhammadiyah 11 kota padangsidimpuan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–11.

Muliawati, M. (2014). Peranan Akuntansi dalam Mempersempit Perbedaan antara Kelompok Kaya dan Miskin Akibat Globalisasi. Bina Ekonomi, 18(1), 27766.

Munandar, H., Herman, H., Putra, D. A., & Nilam, N. (2022). The relationship between positive thinking, social support, and students’ psychological well-being during online learning. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 8(1), 7–15.

Muslimah, K. C. (2022). Internalisasi Nilai Keislaman pada Peserta Didik: Melibatkan Program Kaleng Filantropis Cilik sebagai Kesalehan Sosial dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 182–198.

Mustika, W., & Savirani, A. (2021). ‘Ghost Accounts’,‘Joki Accounts’ and ‘Account Therapy.’ The Copenhagen Journal of Asian Studies, 39(1).

Najib, M. F., Saefuloh, D., Mulyawan, I., Yahya, E. S., & Djatnika, T. (2020). Peningkatan kapasitas lembaga melalui pengembangan komunikasi pemasaran guna mendorong minat donatur dalam berdonasi pada istana yatim dhu’afa. Jurnal Difusi, 3(1), 17.

Rahmayati, A. (2015). Filantropi Islam: Model dan Akuntabilitas.

Ruslaini, R., Abizar, A., Ramadhani, N., & Ahmad, I. (2021).

Peningkatan Manajemen Dan Teknologi Pemasaran Pada Umkm Ojesa (Ojek Sahabat Wanita) Dalam Mengatasi Less Contact Ekonomi Masa Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 139–144.

Sari, D. C., Purba, D. W., & Hasibuan, M. S. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.3077-3084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.