PENGENALAN DAN PEMANFAATAN JAMU SEHAT TANAMAN (JST) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN DI DESA SIDOHARJO-1 PASAR MIRING KABUPATEN DELI SERDANG

Dwi Sekar Andini, Habibunnisa Habibunnisa, Nur Afifah Suwanda, Nur Aisyah Pulungan, Syifa Ramadhani, Wulan Purnama Sari Vinia, Zainarti Zainarti

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Sidoharjo-1 Pasar Miring telah dilaksanakan. Kegiatan ini diperkenalkan oleh organisasi Tani kepada mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang ada di Desa Sidoharjo-1 Pasar Miring dalam pembuatan pupuk organik dari bahan hasil alam. Karena banyaknya yang belum mengetahui manfaat dari hasil alam seperti batang pepaya, toge, mengkudu, labu, buah maja dan lainnya yang dapat diolah menjadi pupuk organik. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini ada beberapa tahapan yaitu, sosialisasi, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi oleh ketua Tani. Kesimpulan pada kegiatan pegabdian kepada masyarakat dan ini bahwa masyarakat dan mahasiswa KKN khususnya dengan meningkatkan pemahaman dan keahlian dalam mengolah hasil alam sebagai rupiah, masyarakat bisa melestarikan lingkungan dengan memakai pupuk organik dan memperoleh produksi tambahan dari pemasaran pupuk organik.    

Keywords


Pupuk Organik, JST, Tanaman

Full Text:

PDF

References


Agus,C., Faridah, E., Wulandari, D., & Purwanto, B.H. (2014). Peran Mikroba Starter Dalam Dekomposisi Kotoran Ternak dan Perbaikan Kualitas Pupuk Kandang. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 21(2), 179-187.

Andoko, A. 2008. Budidaya Padi Secara Organik. Jakarta : Penebar Swadaya.

Delynandra, F., 2015. Kajian Fraksi C- Organik Pada Ultisol Yang Ditambahkan Campuran Limbah Cair-Dolamit (CLC-D) Dan Pupuk Buatan Dan Hubungannya Terhadap Produksi Tanaman Kedelai (Glycine max). Universitas Andalas.

Eko Apriansyah, dkk, 2021, Penambahan Daging Ikan Lele Dumbo Clarias Gariepinus Dengan Komposisi Yang Berbeda Terhadap Karakteristik Mi Instan, Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan Vol. 16. No.1 : 59-71

Frobel G. Dewanto dkk , 2013 Pengaruh pemupukan anorganik dan organik terhadapProduksi tanaman jagung sebagai sumber pakan. Jurnal Zootek, Vol.32, No. 5 : 1-8

Ira Fatmawati, 2015 Efektivitas Buah Maja (Aegle marmelos l corr) Sebagai Bahan Pembersih Logam Besi, Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, Vol.9 No. 1:81-87

Latris T Molose, 2020 Budidaya Cacing Sutra (Tubiifex Sp) di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu, Maluku

Mardwita, M., Yusmartini, E. S., Melani, A., Atikah, A., & Ariani, D. (2019). Pembuatan Kompos Dari Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair dan Pupuk Padat Menggunakan Komposter. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 80-83.

Prayitno, 2005, "Potensi Jangkrik kalung Sebagai Bahan Baku Industri Panga n dan Farmasi", Seminar nasional" Astiik Go Industn" di Jogy a Exp o Center, Agustus 2005, Litbang Astrik Pusat Yogyakarta.

Rachmawati, dkk. (2009). Biologi Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: PusatPerbukuan.

Suhastyo, A.A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos. Jppm: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63.

Sutoyo&Sartonoo, J. (2018). Pemanfaatan Limbah Sayuran Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair Guna Mendukung Pertanian Organik Di Kabupaten Wonogiri. Adiwijaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, II, 100-107.

Tarigan, S.I., Kapoe,S.K.K.L., Killa, Y.M., Uska, P.J., & Nganji, M.U. (2020). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Berbasis Mikroorganisme Lokal di Desa Tanau, Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 78-85.

Wakhid, A. (2010). Buku Pintar Beternak & Berbisnis Itik. Agro Media Pustaka.

Wardianti, Y., Jayanti, R.D., & Fitriyana, N. (2018). JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3097-3102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.