OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE USAHA KERAJINAN ALFIN ANYAMAN
Abstract
Alfin Anyaman merupakan salah satu pengrajin anyaman yang berlokasi di Nglatihan, Jalan Ngentakrejo, Lendah, Kulonprogo. Dalam perjalanan usahanya mitra menghadapi beberapa permasalahan diantaranya permasalahan produksi, yaitu: belum ada petunjuk lokasi usaha sehingga menyulitkan calon pembeli mencari lokasi usaha mitra; belum memiliki spot khusus untuk foto produk; dan masih terbatasnya peralatan produksi yang dimiliki. Selain itu mitra juga menghadapi permasalahan pemasaran, yaitu: belum optimalnya kegiatan promosi yang dilakukan, dan mitra belum menjual produknya melalui marketplace. Tujuan program ini adalah untuk membantu mitra mengatasi permasalahan yang dihadapi baik permasalahan produksi maupun pemasaran yang mengarah pada perluasan pasar melalui media sosial dan marketplace. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu: pembuatan papan petunjuk usaha dan titik googlemaps, pengadaan alat produksi, pembuatan spot foto, pembuatan konten promosi berupa foto produk dan video,perbaikan disain feed instagram, pelatihan dan pendampingan pengelolaan instagram mitra, pembuatan akun penjualan di marketplace, serta pelatihan, pendampingan pengelolaan akun marketplace. Metode dalam pelaksanaan program tersebut adalah: FGD, ceramah. demonstrasi, pelatihan, pendampingan serta pengadaan alat. Hasil program ini adalah mitra memiliki papan petunjuk usaha serta titik di googlemaps, memiliki spot dan peralatan foto produk, memiliki tambahan peralatan produksi, memiliki media promosi yang menarik di instagram serta memiliki akun penjualan di marketplace tokopedia dan shopee.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziyah, A. (2019, Februari 26). Retrieved from https://www.digination.id: https://www.digination.id/read/01952/manfaat-google-maps-untuk-dukung-bisnis-online
Ferdiani, R. D., Murniasih, T. R., Wilujeng, S., & Suwanti, F. (2018). Penambahan Alat Produksi Guna Menambah Produktivitas Pengrajin Keset. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 Nomer 1, 23-28.
https://ekonomi.bisnis.com/read/20201012/9/1303691/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi
https://jogja.tribunnews.com/2020/08/20/pelaku-umkm-di-diy-memiliki-peran-strategis-pada-pemulihan-ekonomi-masa-pandemi
https://nasional.kontan.co.id/news/umkm-memiliki-peran-strategis-menopang-kebangkitan-ekonomi-di-tengah-pandemi-covid-19
Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-IKA, 5(2), 147-155.
Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta 5, 14-26.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hidayat, M. A. (2020). PERANAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAMBAL DI JAWA TIMUR.
Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.
Situmorang, S.H., Mulyono, H., & Berampu, L.T (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing Bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreunership and Family Business, 77-84
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3146-3153
Refbacks
- There are currently no refbacks.