OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE USAHA KERAJINAN ALFIN ANYAMAN

Rita Kusumawati

Abstract


Alfin Anyaman merupakan salah satu pengrajin anyaman yang berlokasi di Nglatihan, Jalan Ngentakrejo, Lendah, Kulonprogo. Dalam perjalanan usahanya mitra menghadapi beberapa permasalahan diantaranya permasalahan produksi, yaitu: belum ada petunjuk lokasi usaha sehingga menyulitkan  calon pembeli mencari lokasi usaha mitra; belum memiliki spot khusus untuk foto produk; dan masih terbatasnya peralatan  produksi yang dimiliki. Selain itu mitra juga menghadapi permasalahan pemasaran, yaitu: belum optimalnya kegiatan promosi yang dilakukan, dan mitra belum menjual produknya melalui marketplace. Tujuan  program ini adalah untuk membantu mitra mengatasi permasalahan yang dihadapi baik permasalahan produksi maupun pemasaran yang mengarah pada perluasan pasar melalui media sosial dan marketplace. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu: pembuatan papan petunjuk usaha dan titik googlemaps, pengadaan alat produksi, pembuatan spot foto, pembuatan konten promosi berupa foto produk dan video,perbaikan disain feed instagram, pelatihan dan pendampingan pengelolaan instagram mitra, pembuatan akun penjualan di marketplace, serta pelatihan, pendampingan   pengelolaan akun marketplace. Metode dalam pelaksanaan program tersebut adalah: FGD, ceramah. demonstrasi, pelatihan, pendampingan serta pengadaan alat. Hasil  program ini adalah mitra memiliki papan petunjuk usaha serta titik di googlemaps, memiliki spot dan peralatan  foto produk, memiliki tambahan peralatan produksi, memiliki media promosi yang menarik di instagram serta memiliki akun penjualan di marketplace tokopedia dan shopee.


Keywords


anyaman, kerajinan, kulonprogo, marketplace, media sosial

Full Text:

PDF

References


Fauziyah, A. (2019, Februari 26). Retrieved from https://www.digination.id: https://www.digination.id/read/01952/manfaat-google-maps-untuk-dukung-bisnis-online

Ferdiani, R. D., Murniasih, T. R., Wilujeng, S., & Suwanti, F. (2018). Penambahan Alat Produksi Guna Menambah Produktivitas Pengrajin Keset. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 2 Nomer 1, 23-28.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20201012/9/1303691/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi

https://jogja.tribunnews.com/2020/08/20/pelaku-umkm-di-diy-memiliki-peran-strategis-pada-pemulihan-ekonomi-masa-pandemi

https://nasional.kontan.co.id/news/umkm-memiliki-peran-strategis-menopang-kebangkitan-ekonomi-di-tengah-pandemi-covid-19

Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. J-IKA, 5(2), 147-155.

Nastain, M. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL, Universitas Mercu Buana Yogyakarta 5, 14-26.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hidayat, M. A. (2020). PERANAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAMBAL DI JAWA TIMUR.

Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.

Situmorang, S.H., Mulyono, H., & Berampu, L.T (2018). Peran dan Manfaat Sosial Media Marketing Bagi Usaha Kecil. Asian Journal of Entrepreunership and Family Business, 77-84




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3146-3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.