PERAN DAKWAH DALAM MEMINIMALISIR ANGKA STUNTING DI TENGAH MASYARAKAT DESA LAU MULGAP KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Nashrillah Nashrillah, Dea Ivanka, Indah Putri Sari, Hamdi Al Hafidz, Dicky Tarigan

Abstract


Agama Islam merupakan sesuatu hal yang sempurna dibandingkan agama yang lain, karena memperhatikan segala masalah yang dialami oleh umatnya serta solusi dari permasalahan tersebut pun ada didalam Al-Qur’an. terkait dengan permasalahan yang sering kali dialami oleh umat manusia yakni dalam hal tumbuh kembang anak atau gizi. Permasalahan tersebut berupa “Stunting”, yang mana masih banyak sekali masyarakat Indonesia yang masih awam terkait dengan penyakit stunting yang dialami oleh anaknya. perlu adanya upaya penyadaran masyarakat dalam pencegahan stunting. Agar masalah terkait kesehatan khususnya penyakit stunting ini tidak meluas dan bertambah banyak. Upaya penyadaran masyarakat ini pun bisa dilakukan melalui sebuah peran dakwah. Adapun tujuan terbesar dalam penelitian ini yaitu melihat peranan dakwah yang cukup besar dalam meminimalisir angka stunting di tengah masyarakat Desa Lau Mulgap Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Selanjutnya, adapun metode penelitian yang digunakan didalamnya meliputi SISDAMAS dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang tergolong ke dalam penelitian studi literatur. Hasil penelitian ini pula yaitu peran dakwah ini sendiri mampu untuk meminimalisir angka stunting di tengah masyarakat Desa Lau Mulgap Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat.


Keywords


agama islam, masarakat,peran dakwah, stuntuing

Full Text:

PDF

References


Andriyani, A. (2019). Kajian Literatur pada Makanan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan. Kedokteran Dan Kesehatan, 15(2).

Anshori, A. (2013). Faktor Resiko Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12-24 Bulan. Universitas Dipenogoro.

Husin, A. F. (2014). Islam dan Kesehatan. Studi Islam, 1(2).

Imani, N. (2020). Stunting pada Anak Kenali dan Cegah Sejak Dini. CV. Hikam Media Utama.

Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI). (2018). Stop Stunting dengan Konseling Gizi. Penebar Plus.

Saputri, Archda, R., & Tumangger, J. (2019). Hulu-Hilir Penanggulangan Stunting di Indonesia. Of Political Issues, 1(1).

Shaleh, A. R. (1986). Manajemen Dakwah Islam. Bulan Bintang.

Shihab, M. Q. (1998). Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Mizan Media Utama.

Subqi, I. (2016). Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak. IJC, 1(1).

Subqi, I. (2019). Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan Orang Tua di Desa Baleadi Pati. IJIP, 1(2).

Wahyuningsih, E., & Daulay, S. (2021). Pendampingan Keluarga dalam Pencegahan Anak Stunting dengan Perspektif Islam dan Kesehatan. CD, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3137-3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.