STEAM IN-SERVICE TRAINING: “ PEMBINAAN GURU PAUD KREATIF UNTUK PEMBELAJARAN INOVATIF”

Suci Utami Putri, Finita Dewi, Tia Citra Bayuni

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah agar guru-guru di PAUD memiliki kemampuan menciptakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini dan sebagai upaya untuk menghadapi revolusi industry 4.0.  Metode pelaksanaan pengabdian ke masyarakat dilaksanakan dengan tiga tahapan yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa. 1) masih ada tahapan pembelajaran yang dianggap sulit oleh para guru yakni dalam proses menentukan masalah di awal kegiatan pembelajaran;2) kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meningkatkan pengetahuan teori dan pengetahuan praktik STEAM kepada para guru dalam menciptakan dan mengimplementasikan pembelajaran Project Based on STEAM di PAUD;3) para peserta memberikan penilaian yang sangat baik terhadap kegiatan yang dilakukan dan berharap kegiatan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.


Keywords


STEAM, Guru PAUD, Kreatif dan Inovatif

Full Text:

PDF

References


Kinerja guru PAUD ditinjau dari kualifikasi pendidik, pengalaman mengajar, Dan pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 18–23. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/2521/2683

Anjarsari, N. (2019). Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran STEM. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Campbell, C., Speldewinde, C., Howitt, C., & MacDonald, A. (2018). STEM Practice in the Early Years. Creative Education, 09(01), 11–25. https://doi.org/10.4236/ce.2018.91002

Colker, L. J. and Simon, F. (2014). Cooking with STEAM. Teaching Young Children, 8(1), 10-13. Available at: http://ezproxy.rowan.edu/login?url=http://search.proquest.com/docview/1647823250a ccountid=13605

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–9. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Fauziaturromah, Y., Rahman, T., & Mulyana, E. H. (2021). Pengembangan Rencana Pembelajaran Model Pembelajaran STEM Untuk Kelompok B SUb Tema BendaBenda Alam. Jurnal Paud Agapedia, 5(2), 176–183. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/39691

Jamil, F. M., Linder, S. M., & Stegelin, D. A. (2018). Early Childhood Teacher Beliefs About STEAM Education After a Professional Development Conference. Early Childhood Education Journal, 46(4), 409–417. https://doi.org/10.1007/s10643-017- 0875-5

Mahyuddin, N., & Yanti, S. (2018). Kinerja Mengajar Guru PAUD dan Latar Belakang Pendidikan. Early Childhood Education Journal of Indonesian, 1(2), 24–30.

Margorini, S., & Rini, R. Y. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Sains, Teknologi, Teknik Dan Matematika (STEM) Pada Anak Usia Dini: Kajian Literatur Terhadap Pandangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 96–105.

Monkeviciene, O., & Autukeviciene, B. (2019). Implementing STEAM in Early Childhood Education: Practices and Factors. ECER2019. https://eera-ecer.de/ecerprogrammes/conference/24/contribution/48435/

Nopiyanti, I., Adjie, N., & Putri, S. U. (2020). STEAM-PBL in Early Childhood Education: Optimization Strategies for Developing Communication Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 503, 81–86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.090

Ong, E. T., Ayob, A., Ibrahim, M. N., Adnan, M., Shariff, J., & Ishak, N. (2016). The effectiveness of an in-service training of early childhood teachers on stem integration through Project-Based Inquiry Learning (PIL). Journal of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 44–58. https://doi.org/10.12973/tused.10170a

Qomario, Q., Kurniasih, S., & Anggraini, H. (2018). Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru Dan Usia Guru Paud Di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai Uji Kompetensi Guru (Ukg). Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 81–101. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i02.180

Van Keulen, H. (2018). STEM in early childhood education. European Journal of STEM Education, 3(3), 1–3. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-7363-2.ch001

Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. ., Rasmani, U. E. ., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. ., & Syamsuddin, M. . (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: A Literature Review. 4(1), 33–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2987-2994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.