PENANAMAN SERENTAK DI DESA MAURISU SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI UNTUK MENGHAMBAT KEBUTUHAN PAKAN WALANG SANGIT SEBAGAI HAMA PADA TANAMAN PADI

Blasius Atini

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di Desa Maurisu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bulan Juli 2021. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat petani sawah di Desa Maurisu dalam mengatur tanaman serempak agar dapat menggurangi ledakan populasi walang sangit sebagai hama pada tanaman padi pada fase generatif. Untuk memberikan pemahaman bahwa model penanaman serempak dapat menjaga keseimbangan ekosistem, lingkungan dan pola pertanian berkelanjutan. Sebagai upaya untuk menekan ledakan populasi walang sangit guna meningkatkan produksi tanaman padi serta peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi keluarga para petani. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat setelah masyarakat terlibat dalam kegiatan pengabdian adanya pemahaman yang baik akan pentingnya jadwal tanam secara serentak dengan analisis siklus hidup walang sangit. Adanya cara pengendalian pestisida dengan analisis ekonomis dan ekologis kapan waktu yang tepat untuk pemanfaatan pengendalian dengan pestisida kimiawi.

 


Keywords


simultaneous planting, Rice Plants, Walang sangit, Maurisu Village

Full Text:

PDF

References


Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Penerbit Rineka cipta. Jakarta.

Laba,2010. Analisis penggunan insektisida menuju pertanian berkelanjutan.

Untung, K. 1993. Pengantar analisis Ekonomi Pengendalian Hama Terpadu. Penerbit Andi Offset. Yogjakarta.

Untung. K. 2006. Pengantar Pengelolaan Hama Terpadu. Penerbit Universitas Gadjah Mada Yogjakarta. Penerbit Gadjah Mada University Press. Yogjakarta.

Sembel, D, T. 2010. Pengendalian Hayati. Penerbit Andi. Yogjakarta.

Susanti, A, M. Asikin, S.TM. 2016. Hama serangga Utama padi di Lahan Rawa pasang surut. Jurnal lahan Basah ISSN ISBN: 978-602-6483-33-1

Nuryanto, B. 2018. Pengendalian penyakit pada Tanaman Padi berwawasan lingkungan melalui pengelolaan edemik. jurnal pertanian vol. 37 NO. 1 juni 2018.

Buida, K, R. 2018. Pengendalian walang sangit dengan perangkap keong dan Ikan pada tanaman padi. Universitas Sam ratungangi Manado.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2937-2942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.