PEMBENTUKAN KARAKTER DAN ETIKA ANAK SEJAK DINI DI DESA MERUBUN JAYA, KAB. SIMALUNGUN

Nisa Miranda, Ifti Ayuni, Dinda Anisa, Muhammad Chairul Azmi, R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar 

Abstract


Pembentukan karakter dan etika anak sangat penting dimulai mereka sejak dini, karena ketika anak kecil mereka lebih gampang meyerap apa yang diperbuat oleh yang lebih dewasa. Misalnya pada orangtua ataupun guru. Tujuan utama kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini adalah untuk menanamkan serta dapat menumbuhkan dan memberikan penguatan kepedulian masyarakat terutama orang tua desa Marubun Jaya pada lingkungan sosial-budaya sekitar dalam pembentukan pendidikan norma, etika dan karakter pada jaman saat ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, pembelajaran dan dokumentasi. Program kerja ini melibatkan guru ngaji, guru sekolah MTs Muhammadiyah Marubun Jaya, orang tua, masyarakat/ warga sekitar, anak – anak yang diawali dengan pengamatan aktif. Hasil kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini memberikan hasil bahwasanya dengan terciptanya pembentukan etika dan karakter anak terhadap sekitar, anak – anak desa Marubun Jaya lebih menanggapi tentang pentingnya menjaga etika dan karakter. 30 hari kami melakukan pendekatan dan pengimplementasian kepada anak – anak dengan melalui kegiatan pemberantasan buta huruf Al – Quran membuat anak – anak lebih antusias. Maka dari itu, orang tua dan anak perlu dorongan secara bertahap dan  berkelanjutan dalam pembentukan etika dan karakter yang  berpotensi terhadap pribadi anak di masyarakat.


Keywords


Karakter dan Etika, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.

Ali Ramdhani, Muhammad. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut : Volume 08; No. 1 Tahun 2014, 28-37

Burgess, RG. (2002).Inthe field: An introduction to field research. Taylor & Francis. www.ebookstore.tandf.co.uk.

Citra, Y. (2012). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 237-249.

Fitriani, R. (2017). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogykarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga Tahun 2017, 1–11.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.

Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 84-92.

Koesoema, D. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo

Masnur Mushlich, 2011, Pendidikan Karakter : Menjawab Tantangan Krisis Multimensional,Bumi Aksara

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Setiawati, N. A. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa, Volume 1 Nomor 1 (hlm 350).

Sudaryanti. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak : Volume 1 Edisi Tahun 2012, 11-20

Sudarsana, I. Ketut. "Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Alam Terbuka." Prosiding Nasional (2016).

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Sumarno, Utari. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Cimahi : Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2943-2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.