PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN SABUN CUCI TANGAN UNTUK PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT DI DUSUN TAMBAK BAYAN DESA SAENTIS

Widia Kartika, Fennisyah Andriani Saragih, Syahrul Abidin, Julkarnain Hidayat, Rio Pamungkas

Abstract


Kegiatan penelitian pembuatan sabun cuci tangan ini ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan ekonomi kreatif kepada masyarakat di Desa Saentis. Adapunmanfaat yang dapat diperoleh yaitu: 1) Menerapkan gaya hidup bersih sehat kepada masyarakat, 2) Meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas kepada masyarakat, 3) Membangun karakter dan pola pikir masyarakat yang lebih produktif dan inovatif. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan, tanya jawab dan praktek langsung oleh kelompok mahasiswa pengabdian KKN dengan sasaran kegiatan kepada ibu-ibu PKK sekitar Desa Saentis lebih tepatnya Dusun XVII Tambak Bayan Percut Sei Tuan. Terlihat dalam kegiatan ini sambutan dan atusiasme sangat baik. Kegiatan pembuatan sabun cuci tangan ini diharap dapat meningkatkan gaya hidup bersih sehat dan dapat dijadikan sebagai potensi kreativitas ekonomi. Hasil dari kegiatan ini adalah sabun cuci tangan cair berwarna merah, berbau harum yang aman digunakan.

Keywords


Sabun cuci tangan, ekonomi kreatif, Tambak Bayan

Full Text:

PDF

References


Arzita, T. M. (2020). Penyuluhan Dan Pelatihan Pembuatan Liquid Hand Wash Soap Secara Alami Pada Masyarakat Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Prosiding Pengabdian, 1-3.

B. Prasetyo, S. Y. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Di BUMDES Sei Rampah, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 631-637.

H. Kusumayanti, V. P. (2018). Pelatihan Dan Praktek Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair Di PKK Tembalang Pesona Asri. GEMA TEKNOLOGI, 24-25.

Hernawati, S. R. (2021). Pembuatan Sabun Cuci Tangan Dengan Bahan Alami Dan Langkah-Langkah Cara Mencuci Tangan Dengan Benar. Abdimas Indonesian Journal, 99-103.

M. Santhi, N. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Dan Hand Sanitizer Dengan Memanfaatkan Aloe Vera Sebagai Pengganti Gliserin. Prosiding Seminar Nasional Pertanian, 16-24.

N. Herdyastuti, T. T. (2021). Pembuatan Sabun Cuci Tangan Sebagai Upaya Pemutusan Penyebaran Rantai Covid-19 Di Kabupaten Tuban. Jurnal ABDI, 161-166.

R. Iswati, A. H. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Anti Bakteri Berbasis Eco Enzym Dari Limbah Buah-Buahan Dan Sayuran. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 104-112.

R. Khoiriah, P. B. (2022). Edukasi Pembuatan Sabun Cuci Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper Betle) Dalam Rangka Pengabdian Masyarakat Di Desa Silau Dunia Kecamatan Kahean. BEST JOURNAL, 37-42.

R. Safitri, R. M. (2022). Penyuluhan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Kebiasaan Cuci Tangan Masyarakat Desa Siraman. Journal of Buguh, 40-45.

S. Utomo, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Untuk Meningkatkan Kreativitas Ekonomi Masyarakat. AKTIVITA: Wahana Pemberdayaan Masyarakat, 7-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2912-2915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.