PENGUATAN BUSINESS DIGITAL GUNA MENDUKUNG TERWUJUDNYA KAMPUNG WISATA KULINER DAN EDUKASI RUNGKUT SURABAYA

Mochamad Nurhadi, supriyati Supriyati, Yudha Herlambang Cahya Pratama

Abstract


Business digital telah menjadi media operasi dan pemasaran usaha, tidak terkecuali usaha kecil dan menengah. Kampung kue rungkut yang sebagian besar penduduknya adalah produsen kue, sebelum pandemi COVID mampu memiliki omzet yang besar. Selama pandemi sampai pasca pandemi, omzet mereka mengalami penurunan dan belum mampu bersaing dengan marketplace besar yang sudah menggunakan media digital dalam operasionalnya. Keterbatasan kemampuan teknologi informasi, keterbatasan sumberdaya, menurunnya peran generasi muda dalam operasional dan belum tersedianya media online yang mereka miliki. Kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan berupa pelatihan, pendampingan pengembangan business digital dan evaluasi kegiatan. Target peserta dalam kegiatan tersebut adalah pengurus paguyuban kampung kue dan admin online yang ditunjuk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengurus paguyuban merasa sangat terbantu dalam menangani transaksi online, walaupun business digital masih memerlukan penyempurnaan kembali. Penyempurnaan yang diharapkan agar sistem tersebut dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan produsen kue, sehingga keberlanjutan usaha dapat dipertahankan. Upaya pengurus paguyuban, produsen kue dan tim pelaksana pengabdian masyarakat digunakan untuk menjadikan kampung kue sebagai kampung wisata kuliner dan edukasi sekaligus ikonik kota Surabaya

Keywords


Business Digital, Pelatihan, Pendampingan, Wisata Kuliner

Full Text:

PDF

References


Awaludin, Robi.,& Maulana, Y. (2020). Strategi Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Produk UMKM dan Wisata Berbasis Digital Business di Desa Cihirup Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(01), 38–47.

Basri, Asril.,& Sari, E. M., Umkm, M., Informasi, S., Teknik, F., Persada, U., & Yai, I. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (tik) pada usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 53–60.

Dani, Rahman Hakim; Rosini, Iin; Halimah, Imar; Adisty, F. M. (2020). Urgensi Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Berbasis SAK EMKM. Implementasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–11.

Hanum, A. N., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM. Maksimum Media Akuntansi, 8(1), 1–15.

Kumalasari, Bekti.,& Asandimitra, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(3), 784–795.

Kusumastutik, A. D. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Eksistensi Bisnis UMKM dalam mempertahankan Business Continuity Management ( BCM ). E-Jurnal Administrasi Bisnis, 8(3), 224–232.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.

Rafika, Kurnia K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 188–198.

Rahmana, A., Fauzi, M., & Suyono, A. M. (2021). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan dalam Menjalankan Bisnis di Era New Normal di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(1), 49–57.

Sasono, E. (2014). Peran UKM dalam Sektor Ekonomi. Jurnal STIE Semarang, 6(3), 74–90.

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(2), 199–216.

Thaha, A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2905-2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.