PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA PANGKATAN KEC. PANGKATAN KAB. LABUHAN BATU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP MELALUI BIDANG KESEHATAN DAN PENDIDIKAN

Muhammad Tri Rahmat Diansah, Rizky Ananta, Siti Zaurah Ritonga, Tri Ayu Yesinta, Jihan Nabila Luqiana, Anang Anas Azhar

Abstract


Kuliah Kerja Nyata atau sering disebut KKN adalah aktivitas dedikasi untuk masyarakat pada suatu daerah tertentu atau forum pendidikan, dilaksanakan secara berkelompok, terintegrasi antar berbagai jurusan, terkoordinasi ditingkat fakultas, memiliki enam bidang unggulan, diantaranya, aspek pendidikan, aturan, kesehatan, teknik, ekonomi serta agama Islam. kegiatan KKN bertujuan untuk menyampaikan pengalaman kerja nyata bagi mahasiswa di masyarakat pada membentuk perilaku mandiri dan  tanggung jawab serta membantu warga  dalam menaikkan taraf pendidikan serta keterampilan, sebagai akibatnya dibutuhkan bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Kegiatan KKN Reguler Kelompok 130 tahun 2022 dilaksanakan di Desa Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 30 hari yaitu dari tanggal 18 Juli sampai 18 Agustus 2022. Adapun kegiatan prioritas adalah kegiatan Kesehatan dan Pendidikan. Program-program yang dilaksanakan oleh KKN Kelompok 130 telah tercapaianya kualitas hidup yang diharapkan oleh semua masyarakat.


Keywords


KKN, Desa Pangkatan, Kualitas Hidup, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Chotimah, I., & Anggraini, D. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan Dan Lingkungan Di Desa Warujaya. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 62-72.

Febrianti, D., Sejati, S. N. P., Riyadi, S., & Komarudin, D. (2021). Pelaksanaan KKN Melalui Program Belajar Bareng untuk Siswa SD-SMA di Desa Cisurupan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(20),40-52.

Rahman, A., & Achmad, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Teknologi Informasi untuk Mendukung Kemajuan Pariwisata Kab. Dompu. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, 1(1),39-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2896-2904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.