PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) BERDASARKAN STANDAR SERTIFIKASI ORGANIK SEBAGAI SOLUSI EKONOMIS DAN MENINGKATKAN NILAI JUAL CABAI MERAH

Aflahun Fadhly Siregar, Salsabila Salsabila, Dian Retno Intan, Riris Nadia Syafrilia Gurning

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas tanaman sehingga meningkatkan pendapatan petani dengan pemanfaatkan Pupuk Organik Cair (POC) dengan mitra Kelompok Tani Lestari II Desa Paluh Manan Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilakukan agar pemahaman masyarakat sadar akan pentingnya olahan bahan hayati atau organik untuk pengganti pupuk kimia. Hasil yang didapat didapat dilapangan menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari mitra setelah diberikan penyuluhan dan pelatihan. Hal ini ditunjukkan bahwa dari 15 petani sudah memahami pembuatan POC standar sertifikasi organik dan sudah mampu membuat POC standar sertifikasi organik.


Keywords


Pupuk Organik Cair, cabai merah, kesehatan konsumen, pendapatan.

Full Text:

PDF

References


Dwicaksono, M.R.B., Suharto, B., L. D. S. (2013). Pengaruh Penambahan Effective Microorganisme pada Limbah Cair Industri Perikanan Terhadap Kualitas Pupuk Cair Organik. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya.

Indrakusuma. (2000). Pupuk Organik Cair Supra Alam Lestari. PT Surya Pratama Alam.

Irawan, B. (2007). Fluktuasi Harga, Transmisi Harga Dan Margin Pemasaran Sayuran Dan Buah. Bogor. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian.

Qamari, M. Al. (2019). Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Dalam Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Ibu-Ibu Asyiyah. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 48–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2959-2965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.