PELATIHAN STRATEGI PENYUSUNAN SOAL PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR MATEMATIS PADA GURU SD

Savitri Wanabuliandari, Sumaji Sumaji

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah menjadi penting untuk dikembangkan agar manusia dapat mencari solusi yang tepat dalam mengatasi masalahnya. Kemampuan pemecahan masalah ini dapat dikembangkan sejak di bangku sekolah. Pengembangan kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh keterampilan berpikir matematis guru. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan keterampilan berpikir matematis melalui pelatihan penyusunan soal pemecahan masalah agar peserta didik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Tujuan dari pelatihan ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan guru SD 4 Dersalam tentang strategi menyusunan soal pemecahan masalah, dan (2) meningkatkan keterampilan guru SD 4 Dersalam dalam pembuatan soal pemecahan masalah. Pelaksanaan pelatihan strategi penyusunan soal pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir matematis pada guru SD 4 Dersalam dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, simulasi dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dalam pelatihan ini adalah (1) guru SD 4 Dersalam meningkat pengetahuan tentang strategi menyusunan soal pemecahan masalah, dan (2) meningkatkan keterampilan guru SD 4 Dersalam dalam pembuatan soal pemecahan masalah.


Keywords


Strategi; Soal Pemecahan Masalah; Keterampilan Berpikir Matematis; Guru SD

Full Text:

PDF

References


Dhina. C. R. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. Jurnal Riset dan Konseptual. 4(4). 436-446.

Hasanah, S. I., Basri, H., & Salam, D. (2017). Pelatihan Strategi-Strategi Dalam Memecahkan Masalah Matematika Untuk Guru SMP/Mts. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 2(1), 42-47

Maimunah., Purwanto., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA AL-Musilum. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30.

Mujiyem. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Kelas IV

dalam Membuat Soal Hots Melalui Workshop. Jurnal Sosialita, 11(1), 45-56.

Nengsih, L. W., Susiswo, & Sa’dijag, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 143-148

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalahmatematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ulya, H. (2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling

Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Widana, I. W. (2017). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wijayanti, E., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. D. (2021). Pengembangan Aplikasi Android Apacintaku Sebagai Alat Assessment Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Keunggulan Local Kudus Untuk Guru Di Sd 4 Dersalam. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 571-579

Zaif, A., Sunardi, & Diah, N. (2013). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya untuk Menyelesaikan Soal-soal Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran, 2(1), 119–132.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareDengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,1(2), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i1.272-279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.