PENINGKATAN KOMPETNSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA LOOSE PART DI KECAMATAN MEDAN MAIMUN

Mawaddah Nasution, Widya Masitah, Juli Maini Sitepu

Abstract


Media pemebelajaran sangat dibutuhkan bagi proses pembelajaran anak usia dini. Media yang menarik dapat menimbulkan semangat belajar bagi anak, namun sebalikny jika media pembelajaran yang disajikan kurang menarik, akan membuat anak bosan dalam belajar. Kegiatan pengabdian ini  dilakukan berdasarkan permasalahan yang terjadi di sekolah, banyak guru yang kurang terampil membuat media pembelajaran yang menarik bagi anak, sehingga anak mudah bosan dengan materi yang disampaikan guru. Disisi lain banyak guru yang menggunakan media pembelajaran yang sama tanpa adanya perubahan, kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran bagi anak, dan kurangnya kegiatan pendukung bagi guru dalam meningkatkan kemampuannya dalam membuat media pembelajaran yang menarik. Pemilihan media loose part dianggap tepat diajarkan kepada guru-guru, karena media ini mudah di dapat bahannya, tidak harus mengeluarkan biaya yang besar, dapat memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar sebagai bahan pembuatan medianya. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan guru-guru TK/RA yang berada di kecamatan Medan Maimun. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pebelajaran yang mudah, murah, dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitara lingkungan, namun menarik bagi anak.


Keywords


Kompetensi, Media Loose Part, Anak Usia Dini (AUD)

Full Text:

PDF

References


Permendikbud, “Permendikbud 18 tahun 2018 tentang penyediaan layanan PAUD,” 2021.

J. W. Santrock, Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup, Cet. 1 / E. jakarta: Erlangga, 2012.

A. Wahid, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar,”Istiqra, vol. 5, no. 2, pp.

–11, 2018.

H. Siskawati, “Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah,” J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 15, no. 1, pp. 41–47, 2021, doi: 10.32832/jpls.v14i2.4629.

B. Hurlock, Elizabeth, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga, 1995.

S. Wahyuningsih et al., “the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood,” Early Child. Educ. Dev. J., vol. 2, no. 2, p. 1, 2020, doi: 10.20961/ecedj.v2i2.46326..

Y. Fransiska and R. Yenita, “Penggunaan Media Loose Parts dalam Pembelajaran di Masa Pandemi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 8, pp. 5454–5462, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2916-2921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.