PERANAN MAHASISWA KKN SEBAGAI PENGGERAK DALAM MENINGKATAN NILAI KEAGAMAAN MELALUI PROGRAM SIBASIR (SAUNG LITERASI BAGI ANAK KAWASAN PESISIR) DI DESA RUGEMUK

Jumli Sabrial Harahap, Fany Chairunnisa, Siti Nurul Azida Mohd Noor Ajiba, Khadijah Khadijah

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana peranan mahasiswa kuliah kerja nyata sebagai penggerak dalam meningkatkan nilai keagamaan bagi anak di Desa Rugemuk. Dari data yang dikumpulkan diperoleh keterangan bahwa ketika masa pandemi Covid 19 ini, angka anak putus sekolah semakin meningkat dan minimnya nilai keagamaan bagi anak. Dan ada beberapa alasan yang menjadi indikator mengapa meningkatnya angka anak putus sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara dan observasi. Subjek pengabdian adalah Kepala Desa,masyarakat dan anak-anak yang putus sekolah. Dari hasil pengabdian diperoleh bahwa peranan mahasiswa kuliah kerja nyata sebagai penggerak dalam meningkatkan nilai keagamaan bagi anak di Desa Rugemuk mendapat respon positif dari kepala desa dan masyarakat sekitar sehingga dengan dorongan positif dari kepala desa dan masyarakat sekitar ini membuat peneliti semakin yakin bahwa pentingnya peranan mahasiswa KKN sebagai penggerak dalam meningkatkan nilai keagamaan untuk anak di Desa Rugemuk ini telah berhasil terlaksana.


Keywords


Mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata, Penggerak, Nilai Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Adhim, M. (2006). Positif Parenting: Cara-Cara Islam Mengembangkan Karakter Anak. Mlzania.

Afifah; Dkk. (2019). Peran KKN Dalam Pembangunan masyarakat : Pelaksanaan Sosialisasi Masyakat Produktif Sebagai Sarana Untuk Mengaktifkan Kembali Organisasi Badan Amil Zakat.

Ali, M. (2000). Penelitian Kependidikan, Prosedur Dan Strategi. Angkasa.

Arikunto, S. (1998). Manajemen Penelitian. Rhineka Cipta.

Bagong, S. (2013). Masalah Sosial Anak. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Daud. (2018). Aplikasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Taujih, 4 no.1.

Kurniawan, D. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Tehadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2).

Miftah, T. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Implikasinya. PT. Bumi Aksara.

Muhlis Madani, R. (2016). Perilaku Sosial Anak Putus Sekolah. Jurnal Equibrium, 4, 187.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Ujang Dedih, Q. Y. (2019). Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Jurnal Atthulab, 4.

Wahyuni, I. (2013). Persepsi Masyarakat Desa Mahasiswa KKN dalam Pembangunan Mayarakat Desa. Universitas Lampung.

Widayanti, M. D. (2020). Penanaman Nilai-nilai Keagamaan Di Raudahatul Athfal Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Wulandari, I. W. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia 5-6 Tahun di Bustamul Arfal Kemiling Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Bandar Lampung.

Yono. (2020). Presepsi Masyarakat Terhadap Perkawinan Di Bawah UmurDi Tinjau Dari Undang Undang NO 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2753-2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.