MEMPERKENALKAN LITERASI EKONOMI BERBASIS KULTURAL DI SD DAN SMP HKBP SIDORAME MEDAN

Nova Yunita Sari, Sanggam Pardede, Surya Darma Pardede, Herlina H. Sianipar, Kartini Sihombing, Rinawati Lumbansiantar, Grendy Mathew Purba, David Guth, Dusan Jina, Martin Maděra, Matous Havrlik, Jan Tomasov, Lenka Křivánková, David Mrazek

Abstract


Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan peningkatan literasi bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berfokus memberikan pendampingan informasi kepada para siswa maupun tenaga pengajar tentang pentingnya literasi ekonomi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di masyarakat indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dari jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan bersama dengan mahasiswa dari Universitas Czech. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam peningkatan literasi dimulai pada tanggal 25 juli 2022 dan selesai pada tanggal 26 juli 2022. Sebelumnya, telah dilakukan sosialisasi kepada SD 1 dan SMP Swasta HKBP Sidorame Medan mengenai kegiatan PKM Peningkatan Literasi. Berdasarkan kegiatan sosialisasi sebelumnya dapat di simpulkan bahwa penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa adalah karena tradisi lisan yang masih mendarahdaging di masyarakat. Lebih jauh lagi, sistem pendidikan sekolah masih belum memberikan peluang tradisi literasi kepada siswa. Hal ini juga terjadi kepada siswa/siswi SD dan SMP HKBP Sidorame Medan. Masalah ini kemudian diminimalisir dengan melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat terkait literasi bagi siswa/siswi SD dan SMP. Program ini merupakan salah satu bidang penting dalam pengembangan literasi di sekolah. Hal positif yang akan diperoleh adalah bahwa ada sejumlah besar kelompok sasaran yang ter identifikasi, tidak hanya peserta didik tetapi juga pendidik. Guru sendiri harus mengekspos siswa untuk melek huruf serta literasi haruslah menjadi sebuah budaya.


Keywords


Kata Kunci: Literasi, Ekonomi, Kultural

Full Text:

PDF Untitled

References


Asriati, N. (2020). Analisis Literasi Ekonomi Dalam Membentuk Perilaku Produktif Mahasiswa Magister Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 199. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p199-212

Garbe, C., Lafontaine, D., Laufková, V., Shiel, G., & Valtin, R. (2016). Literacy in the Czech Republic. Cologne Germany: University of Cologne.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, II(2), 11–21. file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2019 (jurnal) (2).pdf

Permata, B., Wahyono, H., & Wardoyo, C. (2017). Bahan Ajar Berbasis Cerita Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 356–362.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.3001-3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.