MENYIAPKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA GEMPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KANOMAN

Restu Faizah, Fanny Monika, Retnowati Setioningsih, Kharisma Wira Nindhita, Herlambang Naufal Seno Nugroho

Abstract


Terjadinya gempa bumi hingga kini belum bisa diprediksi, sehingga masyarakat harus siaga menghadapi gempa, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan gempa. Program sekolah siaga bencana bertujuan mempersiapkan komunitas sekolah agar memiliki kesiapsiagaan yang tinggi, sehingga apabila gempabumi terjadi pada saat jam sekolah, kerusakan dan kerugian akibat gempa dapat diminimalisir. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa SDN Kanoman dalam rangka menyiapkan terwujudnya Sekolah Siaga Bencana. Kegiatan berupa pendidikan kebencanaan pada siswa yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2022 di SDN Kanoman yang terletak di desa Kanoman Kecamatan Gamping Sleman. Peserta kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 29 orang, dengan didampingi guru dan kepala sekolah. Pendidikan kebencanaan diberikan dengan metode workshop, yang menggabungkan antara ceramah dan permainan untuk mengenalkan cara-cara penyelamatan diri ketika ada gempa. Dari kuosioner prestest dan postest yang disebarkan kepada peserta, diketahui bahwa kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pemahaman rata-rata siswa tentang bencana gempa sebesar 6 - 34%, pemahaman kerawanan lokasi sebesar 69%, dan kesiapsiagaan bencana gempa sebesar 10 - 41%. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdian dengan siswa dan guru, menyimpulkan bahwa kegiatan pengabdian sangat bermanfaat dan fihak sekolah mengharapkan kegiatan dapat dialakukan kembali pada masa mendatang.

Keywords


sekolah siaga bencana, Pendidikan kebencanaan, gempa bumi

Full Text:

Untitled PDF

References


Afrida, Y., & Manawanui, R. (2018). School Community Preparedness in Reducing The Risk of Earthquake and Tsunami Disaster in Pesisir Selatan Regency, Indonesia. 2(1), 6.

Amri, A. (2017). Pendidikan Tangguh Bencana (P. D. Puspitawati, S. R. Pantjastuti, L. Kurniawan, Praptono, & Y. Tebe, Eds.). Sekretariat Nasional SPAB.

Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2020). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana bagi Kabupaten Bandung Barat. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3), 307–314. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22975

Faizah, R., Diana, W., Hartono, E., & Aristyasari, Y. F. (2019). Buku Saku Siaga Jasmani dan Rohani Menghadapi Bencana. UMY.

Faizah, R., Yadi, S., Syamsi, M. I., & Setioningsih, R. (2021). Pengukuran dan Pelatihan Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Dasar Muhammadiyah Banyuraden terhadap Bencana Gempa Bumi. Journal of Dedicators Community, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.34001/jdc.v5i1.1131

Kurniawan, L., Triutomo, S., Yunus, R., Amri, Mohd. R., & Hartyanto, A. A. (2014). IRBI, Indeks Risiko Bencana Indonesia 2013. Direktorat Pengurangan Risiko Bencana, Deputi Bidang Pengurangan dan Kesiapsiagaan BNPB.

Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, (2007) (testimony of Pemerintah RI).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.373-378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.