EDUKASI PHBS MELALUI METODE EDUKATIF (PERMAINAN ULAR TANGGA RAKSASA) PADA ANAK USIA DINI

Henni Kumaladewi Hengky, Nurlinda Nurlinda, Nur Ainun Anita Saleh, Idmi Juliana, Citra Aprilia Nursam

Abstract


Belajar sambil bermain merupakan dunia bagi anak-anak usia dini. Berbagai teknik maupun cara bisa digunakan untuk mendorong perkembangan anak, salah satu cara adalah permainan ular tangga. Peneliti mencoba memberikan edukasi PHBS melalui metode yang edukatif yaitu permainan ular tangga raksasa. Ular tangga yang dibuat secara raksasa adalah salah satu jenis permainan yang bisa diterapkan sebagai alat untuk mendorong berbagai faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini terkhusus pada perkembangan kognitifnya. Ular tangga raksasa yang edukatif dan dibuat semenarik mungkin agar anak dapat merasakan esensi bermain yang lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Sasaran pengabdian ini adalah anak usia dini adalah anak usia dini dengan jumlah 45 anak yang dilakukan di RW 1-6 Kecamatan Soreang Kota Parepare. Keberhasilan kegiatan pembelajaran menggunakan Permainan Ular Tangga Raksasa diukur berdasarkan hasil pre-test dan post test yang diisi oleh anak usia dini sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dan bermain. Pre-test dan post test diberikan dengan wawancara semi terstruktur dan dilakukan perhitungan skoring. Permainan ular tangga dilakukan dengan frekuensi dua pekan dua kali. Hasil kegiatan pengabdian ini, ada peningkatan skor pengetahuan anak usia dini setelah diberikan post test dibandingkan dengan skor hasil pre-test. Hasil ini memperlihatkan bahwa terdapat kenaikan tingkat pengetahuan anak usia dini terkait PHBS. Model pendidikan yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini bisa menjadi solusi alternative yang bisa digunakan/diterapkan oleh berbagai pihak untuk penyuluhan atau edukasi materi beragam, tidak hanya materi terkait PHBS maupun kesehatan saja.

 

 


Keywords


Anak usia dini, Edukasi, PHBS, Permainan Ular Tangga Raksasa

Full Text:

PDF

References


Fatmalia, R. (2021). Analisis Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Al-Washliyah Banda Aceh. Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Fitriana, N. S. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Imawati, P. F., Maulana, A., Azmi, P. L., Haniyfa, R. S., & Maheswari, T. (2019). Ular Tangga Raksasa Sebagai Media Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SMPN 3 Arjasa, Kabupaten Situbondo. Jurnal KSM Eka Prasetya UI, 1(6), 1–8.

Istiqomah, S. (2018). Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sriwijaya Lampung Timur. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Margowati, S., & Astuti, F. P. (2012). Implementasi PHBS Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Seling. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Mirliani. (2019). Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Nurul Yaqin Desa Simpang Sungai Duren Kabupaten Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Musta, M., & Novichasari, S. I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Permainan Ular Tangga. 9–13.

Nisah, D. W. K. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Saat Pandemi Covid-19 Pada Anak Kelompok Bermain Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Muhammadiyah Jember.

Rahim, I., Ismirawati, N., Ramli, R., Suherman, Putri, A. D., Rasyid, W., Arfianty, Nuringsih, & Ridwan, I. (2021). Rencana Induk Penelitian (RIP) 2021-2025. Universitas Muhammadiyah Parepare.

Safitri, H. I., & Harun. (2021). Membiasakan Pola Hidup Sehat dan Bersih pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385–394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Sari, D. P., Watin, W. A. A., Maulidya, F. N., Milasari, N., & Mukhlishin, A. (2013). Taktiktak (Otak Atik Otak) Mainan Edukatif, Efektif dan Interaktif pada Siswa Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang.

Sumampouw, O. J. (2017). Program Pemberantasan Penyakit Menular.

Wahid, S. N., & Kurniawan, A. M. (2017). Rancang Bangun Permainan Ular Tangga Untuk Media Belajar Fisika. Jurnal Qua Teknika, 7(2), 43–53.

Yuningsih, E., Julaeha, S., & Rawin, B. Bin. (2019). UTE ( Ular Tangga Edukatif ) : Permainan Edukatif Matematika Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Menciptakan Penunjang Pembelajaran yang Menyenangkan dalam Menghadapi Revolusi. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1), 36–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3123-3129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.