PENERAPAN METODE IQRA DALAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF AL-QUR’AN PADA KEGIATAN KKN DI DESA SEI MENCIRIM

Muhammad Rizki Nasution, Wahyu Alwi Nasution, Jihan Fadillah Lubis, Fhadila Yunita, Yuliana Andini

Abstract


Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat muslim adalah pedoman hidup yang harus diajarkan sejak awal terutama pada anak-anak hal ini dikarenakan mereka adalah generasi masa depan. Metode iqra adalah salah satu dari sekian metode yang digunakan dalam mempelajari al-Qur’an. Rendahnya tingkat membaca al-qur’an pada anak-anak dan ketidaktahuan dalam mengenal huruf menjadi masalah saat ini. Salah satunya yang terjadi di Desa Sei Mencirim Dusun 2, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Untuk itu dilaksanakan pengabdian berupa KKN melalui pembinaan pemberantasaan huruf al-qur’an guna meningkatkan minat belajar al-qur’an sekaligus mengurangi buta huruf terkhusus anak-anak yang berada di Taman Pendidikan Al-qur’an Mardhatillah Istiqomah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah PAR dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode lived in (ikut tinggal di desa), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembinaan didapatkan hasil baca iqra yang semakin membaik dan memberikan dampak positif. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perhatian orang tua dalam memotivasi anak-anak untuk lebih giat mempelajari al-Qur’an.

Keywords


Metode iqra, KKN, Sei Mencirim, Al-qur’an, Buta Huruf

Full Text:

PDF

References


Ali, M. M. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini Mahdi. Jrnal Edukasi, 1(2), 190–215. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/605

Aliwar. (2016). PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS QURAN DAN MANAJEMEN PENGELOLAAN ORGANISASI (TPA). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 21–37.

Anwar, R. N., & Yuliana. (2021). Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf al-Quran pada Anak melalui Metode Iqra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2556–2562.

Basri. (2018). Problematika Pendidikan TK Al-Qur’an dalam Menyiapkan Generasi Qur’ani di Kota Balikpapan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i1.82

Chandra, R. (2022). Literasi Al- Qur’an Melalui Kegiatan NGAOS (Ngaji On The School) Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al- Qur’an pada Siswa SD N 1 Panca Marga. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 229–238.

Ismail. (2019). Pelatihan dan Pengajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Pada TK -TPA At-Taqwa dalam Mengatasi Buta Aksara Qur ’ an di Kelurahan Kambiolangi Ismail. Maspul Jounal Of Community Empowerment, 1(1), 21–27.

Ismaulina. (2020). Program Pelatihan dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran dengan Metode Iqra ( Studi Kasus Gampong Bale Purnama Kecamatan Permata. Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 6–10.

Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404.

Mawaddah, S. (2017). TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak. Takammul : Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 6(2), 132–151. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/takamul/article/view/1366

Muniarty, P., Wulandari, W., & Ansyarif, A. (2021). Pendampingan Baca Tulis Al Quran bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima. Keagamaan : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1906

Prima, A., & Murniyetti, M. (2022). Implementasi Metode Iqra dalam Pemberantasan Buta Baca Alquran Pada Siswa. An-Nuha : Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 255–262. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.180

Sadiah, Maya, R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Madiun. Prosa PAI (Prosiding Al Hidayah: Pendidikan Agama Islam), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2747-2752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.