PELATIHAN DESAIN PROMOSI DIGITAL PRODUK ALIANSI PENGGERAK INDUSTRI (API) UMKM KOTAWARINGIN TIMUR

Minarni Minarni, Sherly Mudrika Bahri

Abstract


Digitalisasi membuat perubahan yang sangat signifikan dalam dunia bisnis. Promosi produk secara digital menjadi bagian penting dan tidak bisa ditinggalkan mengingat semua informasi sangat cepat tersampaikan melalui teknologi. Promosi digital juga sangat bergantung pada desain. Semakin menarik desain dari promosinya, maka semakin tinggi peluang ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Namun sangat sedikit pelaku bisnis yang mengerti dan mampu mempromosikan produknya menggunakan desain yang menarik. Oleh karena itu, para pelaku bisnis perlu mendapatkan ilmu dan bimbingan untuk bisa membuat desain promosi produk mereka secara digital dengan tampilan yang menarik.  Pengabdian masyarakat berupa pelatihan desain promosi digital ini bertujuan untuk membekali para anggota Aliansi Penggerak Industri (API) UMKM Kotawaringin Timur dalam membuat sendiri desain promosi untuk masing-masing produk yang mereka tawarkan. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, diskusi, presentasi dan praktik langsung. Pelatihan membuat desain ini menggunakan Aplikasi Berbasis Online yaitu Canva yang bisa diakses melalui komputer atau laptop dan juga perangkat mobile. Dalam pelaksanaannya, para peserta sangat antusias meskipun masih terkendala teknis seperti masih kurang mahir dalam menggunakan komputer untuk praktek dan juga kendala perangkat mobile yang digunakan. Hasil dari program pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan membuat desain iklan produk. Hal itu dibuktikan dengan hasil karya dari para peserta pelatihan yang pada awalnya desainnya masih sangat sederhana kemudian menjadi lebih menarik setelah mengikuti pelatihan ini. Hasil desain iklan produk tersebut pun telah menjadi postingan pada Sosial Media mereka

Keywords


Digitalisasi, Promosi, Canva, UMKM, Desain

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732

Akmalia, A., & Kusumawati, R. (2022). MELINJO DI DUSUN MERGAN YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. 5(1), 1837–1843.

Astina, C., Dewi, L., Khasanah, M., Sasetyo, A. T., & Karnia, R. (2022). Peningkatan UMKM Bidang Pemasaran dan Perekonomian melalui Pemanfataan Aplikasi Canva. 1(2), 1–6.

Maulana, Y. I., Rahmawati, L., Nurmawati, & Brata, D. P. N. (2021). Pemberdayaan UMKM Melalui Desain Grafis Untuk Meningkatkan Daya Jual. BISMA Bimbingan Swadaya Masyarakat, 1(3)(3), 95–97.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Yuli Purwati, L. P. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jppm, 1(1), 42.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2673-2679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.