PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF POP-UP BOOK UPAYA PEMBERANTASAN CALIS (PENGUASAAN BACA, TULIS) BAGI ANAK 3T KAMPUNG PELANGI BELAWAN

Edy Suprayetno, Fatimah Sari Siregar, Linzzy Pratami Putri

Abstract


Tujuan dalam kegiatan ini adalah membantu komunitas IDADA (Komunitas Peduli Anak Nelayan) dalam memberikan pendampingan dan pengajaran di luar sekolah kepada anak-anak di Kampung Pelangi dalam proses belajar membaca dan menulis dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berupa Pop up Book merupakan buku yang berisi catatan bergambar tiga dimensi yang mengandung unsur interaktif dan memberikan visualisasi yang lebih menarik. Komunitas IDADA merupakan komunitas peduli anak nelayan Kampung Pelangi, merupakan komunitas yang dibentuk dan dikelolah oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam program kreativitas mahasiswa (PKM) Kemdikbudristek tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan oleh komunitas IDADA salah satunya sebagai wadah anak-anak Kampung Pelangi memperoleh pengetahuan tambahan di luar sekolah. Metode pelaksanaan dalam program penerapan pembelajaran media interaktif  Pop-Up Book upaya pemberantasan CALIS (Penguasaan Baca, dan Tulis) bagi anak 3T Kampung Pelangi Belawan memiliki tahapan pekerjaan program pelaksanaan secara kolaboratif. Hasil capaian program pengabdian mengacu pada indikator keberhasilan jangka pendek, selama pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada mitra yang dapat dilihat dari kesesuaian jenis dan jumlah luaran yang telah dihasilkan serta persentase hasil terhadap keseluruhan target kegiatan dapat terlihat pada grafik kebehasilan mencapai 90%. Selain itu juga, anak-anak Sekolah Dasar Kelas I dan 3 di Kampung Pelangi dalam penguasaan membaca dan menulis sudah dinyatakan mahir dikarenakan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sangat menarik.

Keywords


Media, Pembelajaran Interaktif Pop up Book, Pemberantasan CALIS

Full Text:

PDF

References


A. Ahsana El-Sulukiyyah, M. M. Ulum, M. Rayungsari, and A. Pusparini, “JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang,” JAMAIKA J. Abdi Masy., vol. 1, no. 3, pp. 133–139, 2020, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/6891.

K. Mansyur, M. Umrah, and M. Rifal, “Budaya Pendidikan Anak Pesisir di Wilayah Kepulauan Spermonde,” J. Pemikir. Dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 1–14, 2019.

Khasanah, Uswatum. 2018. Efektifitas Penggunaan Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Membaca Kata Anak Cerebral Palsy Kelas IV SDLB Di SLB Rela Bhakti 1 Gamping. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol 7 No. 4 hal, 388-401.

Nurchaili. 2016. Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Melalui buku Digital. Jurnal Libria, volume 8 Nomor 2, halm. 197-209.

S. Panggalih, “Upaya Pemberantasan Buta Aksara Di Kalangan Perempuan Lansia Dengan Metode Jurnalisme Warga,” Solidar. J. Educ. Soc. Cult., vol. 4, no. 1, 2015.

P. F. IAIN Palopo, “Pengembangan Model Pendidikan Menengah Sekolah Kebangsaan di Daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar, dan Perbatasan Sebagai Implementasi Pembelajaran PKN,” pp. 76–86, 2019, doi: 10.31227/osf.io/6cxh7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2680-2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.