MENGGIATKAN LITERASI MATEMATIKA DI SMP HKBP SIDORAME MEDAN BERSAMA MAHASISWA DARI REPUBLIK CEKO

Christina Sitepu, Simon Panjaitan, Adi Suarman Situmorang, Efron Manik, Agusmanto Hutauruk, Sanggam Gultom, Lena Pangaribuan, Feri Pangaribuan, Grace Manurung, Lenka Křivánková, Dusan Jina, Martin Maděra, Matous Havrlik, Jan Tomasov, David Guth, David Mrazek

Abstract


Program Kerjasama dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan agar dapat menggiatkan literasi matematika bagi siswa–siswi di SMP HKBP Sidorame Medan. Melakukan pendampingan pemberian informasi kepada siswa-siswi maupun guru-guru pentingnya menerapkan literasi sejak dini bagi siswa–siswi SMP mengingat rendahnya keinginan untuk membaca siswa–siswi saat sekarang ini, serta hal ini juga sangat bermanfaat untuk pengembangan pengetahuan di segala lapisan masyarakat. Program Kerjasama Pengabdian Masyarakat ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan dengan Mahasiswa dari Czech University. Program Kerjasama ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 serta berakhir pada tanggal 26 Juli 2022. Tradisi lisan yang masih sangat kuat, pendidikan sekolah yang sistemnya masih belum melakukan aktivitas–aktivitas yang maksimal untuk menggiatkan tradisi literasi matematika kepada siswa–siswinya, addicted–nya dengan pemakaian gadget akibat dari terjadinya pandemi covid-19, merupakan beberapa penyebab rendahnya literasi matematis pada siswa–siswi di Indonesia, dimana hal ini juga terjadi pada siswa-siswi di SMP HKBP Sidorame Medan. Dari beberapa masalah ini dicoba untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan aktivitas berbeda yang belum pernah dilakukan di sekolah tersebut yaitu dengan melibatkan pendampingan beberapa mahasiswa dari Czech University dengan harapan dapat menggugah siswa–siswi dalam meningkatkan keinginannya dalam melakukan literasi. Program Kerjasama ini menjadi salah satu aktivitas penting dalam peningkatan kegiatan literasi matematis di sekolah. Hal positif lain  adalah terdapatnya dalam jumlah yang cukup besar kelompok yang teridentifikasi minim literasi matematis, tidak hanya kelompok siswa-siswi, kelompok guru juga. Maka guru-guru juga harus membuat aktivitas kreatif yang membuat literasi matematis menjadi suatu budaya bagi siswa-siswinya.

Keywords


Pengabdian, Literasi, Kerjasama, Ceko, Matematika

Full Text:

PDF

References


Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480.

Echols, John M & Shadily Hassan. 2003. Kamus Inggris Indonesia: An English Indonesian Dictionary. Jakarta: Gramedia.

Garbe, C., Lafontaine, D., Laufková, V., Shiel, G., & Valtin, R. (2016). Literacy in the Czech Republic. Cologne Germany: University of Cologne.

Kharizm, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, ISSN 2355-3650, Vol. 2, No. 2

Masitah, W., Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Ra Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Patumbak Dan Biru-Biru. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29-36.

Nurdiyanti, Eko & Suryanto Edy. 2010. Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13 (2), Agustus 2010, 115 – 128.

Suryanti, S., Zawawi, I., Edy, S., Khomariyah, N., & Jannah, R. (2021). Peningkatan Kreativitas Guru SMP Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif. Martabe: jurnal pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 727-735.

Safrizal, Safrizal, Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987.

Tjalla, Awaluddin. 2011. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional.

http://www.unesco.org/new/en/education/themes/education-building-blocks/literacy/ (diakses 7 Agustus 2022)

http://www.unesco.org/education/GMR2006/full/chapt6_eng.pdf (diakses pada 7 Agustus 2022)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2666-2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.