PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM-PROGRAM ISLAMI DI DESA SEI KAMAH 1 KECAMATAN SEI DADAP

Irwansyah Irwansyah, Eriza Ricki Rahmayani Lubis, Winda Santika, Sherina Afriyanti, Hairunnisa Siagian

Abstract


Kesejahteraan sosial malibatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup jasmani maupun rohani manusia itu sendiri. Program yang telah ditentukan oleh pemerintah hendaknya terus dilaksanakan agar nantinya dapat memajukan kesejahteraan masyarakat yang ada diwilayah tersebut. Program yang ada hendaknya selalu berkesinambungan langsung dengan kehidupan dan kepentingan masyarakat di suatu wilayah dengan terus menerus melakukan pengembangan dan pemberdayaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang dimana dilakukannya penelitian secara langsung di lokasi tujuan tempat penelitian. Mengobservasi dan mewawancara langsung masyarakat yang ada di lokasi survei. Teknik dalam pengumpulan data ini menggunakan beberapa metode, diataranya ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian pada jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat di Desa Sei Kamah 1 Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan melalui program-program Islami.

Program-program kegiatan yang dilakukan KKN-10 ini diantaranya adalah pertama, mengajar ngaji untuk anak-anak. Kedua, mengajar di Lembaga Pendidikan. Ketiga, mengunjungi para UMKM yang ada di desa Sei Kamah 1. Di Indonesia UMKM merupakan salah satu solusi untuk memajukandan mensejahretakan system perekonomian di Indonesia. Hal ini terjadi disebabkan banyaknya UMKM yang terus muncul dari kalangan masyarakat dengan tujuan memperbaiki taraf hidup untuk lebih baik. Sepanjang tahun 2021 perekonomian Indonesia terus  membaik salah satunya karena terus maraknya UMKM disegala wilayah yang merupakan cara terbaik dalam memajukan perekonomian Indonesia. Dan membuat pelatihan (seperti pelatihan tahsin dan hukum-hukum Islam), melakukan gotong-royong di beberapa dusun, mengajak masyarakat untuk selalu bershalawat, mengikuti kegiatan perwiritan ibu-ibu, dan kegaiatan-kegiatan lainnya.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, program islami, UMKM

Full Text:

PDF

References


Deswimar, Devi. "Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pedesaan" Jurnal El-Riyasah 5.1 (2014): 41-52.

Endah, Kiki. "Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa" Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 6.1 (2020): 135-143.

Fariza Makmun, Mak. Peranan Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa Tertinggal Di Provinsi Lampung. Diss. Uin Raden Intan Lampung, 2020.

Hawi, Akmal. "Tantangan Lembaga Pendidikan Islam." Tadrib 3.1 (2017): 143-161.

Nahdliyah, Amirotun. "Meningkatkan Potensi Mengajar Melalui Pengkaderan Guru Ngaji Di Desa Alas malang Kabupaten Banyuwangi" Proceedings Of Annual Conference On Community Engagement. 2018.

Noor, Munawar. "Pemberdayaan Masyarakat" Civis 1.2 (2011).

Putra, Chandra Kusuma. Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Pada Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Diss. Brawijaya University, 2013.

Sany, Ulfi Putra. "Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an" Jurnal Ilmu Dakwah 39.1 (2019): 32-44.

Soehadha, Moh. "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Agama; Model Pengabdian Masyarakat Oleh Dosen Dan Peran Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Uin Sunan Kalijaga" Religi: Jurnal Studi Agama-Agama 12.1 (2018): 1-16.

Suci, Yuli Rahmini. "Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia" Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 6.1 (2017): 51-58.

Susilo, Adib. "Model Pemberdayaan Masyarakat Perspektif Islam" Falah: Jurnal Ekonomi Syariah 1.2 (2016): 193-209.

Zuliyah, Siti. "Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Menunjang Pembangunan Daerah" Journal Of Rural And Development 1.2 (2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3239-3247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.