MEMBUDAYAKAN PRINSIP 5S DI ARSYIFA BAKERY

Muqimuddin Muqimuddin, Jamil Ahmad, Karim Alimul Abdul

Abstract


Meski memiliki potensi skala kecil, pemilik usaha, termasuk UMKM, harus memperhatikan lingkungan fisik kerja. Produktivitas karyawan akan dipengaruhi oleh tempat kerja yang rapi, nyaman, dan bersih. Keterbatasan ruang membutuhkan solusi yang tepat untuk mencegah lingkungan kerja yang kurang tertata, bersih, dan tidak nyaman. Budaya 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) dapat diterapkan di lingkungan produksi sebagai jawaban yang dapat dilakukan. Meskipun perusahaan besar telah sering menggunakan strategi ini, UMKM kecil seperti Arsyifa Bakery juga dapat mengadopsinya. Dengan permasalahan yang dihadapi Arsyifa Bakery antara lain keterbatasan ruang, pemahaman karyawan terhadap budaya 5S dan kebersihan ruang, maka bermaksud untuk menerapkan budaya 5S dengan harapan dapat meningkatkan kebersihan, ketertiban dan kedisiplinan baik barang maupun peralatan serta karyawan UMKM Arsyifa Bakery. Temuan kegiatan menunjukkan bahwa UMKM dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari pendekatan 5S. Karyawan mempelajari peralatan dan item mana yang perlu dikategorikan serta bagaimana mengaturnya. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil evaluasi menggunakan 19 indikator yang mana 10 dari 19 indikator mengalami peningkatan penilaian. 9 indikator lainnya tidak memiliki perubahan penilaian dari sebelumnya mengingat indikaotr-indikator tersebut sudah baik pada kondisi sebelum penerapan.

Keywords


Budaya 5S; Lingkungan Kerja Fisik; UMKM.

Full Text:

PDF

References


Atmoko, T. P. H. (2017). Peningkatan Higiene Sanitasi sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan dan Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Dhamar Palembang. Jurnal Khasanah Ilmu, 8(1), 1–9.

Ernita, T., Ervil, R., & Oktaviani, M. F. (2021). waktu kerja di UKM keripik tempe. 21, 238–252.

Farihah, T., & Krisdiyanto, D. (2018). Penerapan 5S (Seiri, Seiso, Seiton, Sheiketsu, Shitsuke) pada UKM Olahan Makanan di Dusun Sempu, Desa Wonokerto. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 43. https://doi.org/10.14421/jbs.1260

Lestari, Y. A., Handoko, F., & Soemanto. (2021). Upaya peningkatan kinerja dengan metode 5s dan klasifikasi persediaan abc pada persediaan produk di umkm pentol pedes arek enom. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 4(2), 1–13.

Syahputra, R., & Dkk. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Di Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo. 4(3), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2592-2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.