PENGENALAN SUMBER-SUMBER BELAJAR DIGITAL BAGI SISWA SMA NEGERI 1 SIAK HULU
Abstract
Pengetahuan siswa mengenai sumber-sumber belajar digital sangat diperlukan untuk menunjang pengetahuan siswa baik sebelum atau pasca masa pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai sumber-sumber belajar digital yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sumber alternatif selain yang diberikan oleh guru. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode seminar dengan cara penyampaian materi oleh narasumber kepada peserta kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan siswa mengenai sumber belajar digital sebesar 84% dan siswa dapat mengaksesnya dari smartphone yang mereka miliki. Kepuasan mitra terhadap kegiatan yang dilaksanakan mencapai rata-rata sebesar 83% yang menunjukkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan berjalan sesuai dengan harapan peserta kegiatan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andelová, L. (2018). The Importance of Media Education Combatting Fake News. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=743391
Febliza, Asyti., Oktariani & Afdal, Z. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Bagi Guru SMA Negeri 7 Pekanbaru. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5, 900–904.
Febliza, A., & Oktariani. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Digital bagi Siswa dan Guru. Jpk Unri, 5(1), 1–9.
Griffin, P., McGaw, B., and Care, E. (2012). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. In P. Griffin, B. McGaw, & E. Care (Eds.), Springer. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5
Hvalshagen, M., Nittala, L., Raman, R., Sullivan, N., & Zolbanin, H. M. (2021). When worlds collide: Framing students’ challenges with stay-at-home learning during covid-19 through the lens of conflicting role identities. Communications of the Association for Information Systems, 48, 227–235. https://doi.org/10.17705/1CAIS.04829
Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2015). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri Kota Batu pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi / IPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 1677–1684.
Qiu, X., Oliveira, D. F. M., Sahami Shirazi, A., Flammini, A., & Menczer, F. (2017). Limited individual attention and online virality of low-quality information. Nature Human Behaviour, 1(7), 1–15. https://doi.org/10.1038/s41562-017-0132
Yu, Z. (2022). Sustaining Student Roles, Digital Literacy, Learning Achievements, and Motivation in Online Learning Environments during the COVID-19 Pandemic. Sustainability (Switzerland), 14(8). https://doi.org/10.3390/su14084388
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2607-2611
Refbacks
- There are currently no refbacks.