PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN SUBMISSION KE JURNAL NASIONAL BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA LANGSA

Nurmasyitah Nurmasyitah, Nur Azizah Lubis, Rapita Aprilia

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatan kompetensi profesional bagi guru-guru SD di Kota Langsa dalam menulis artikel ilmiah sesuai aturan ilmiah, dapat mengembangkan pengetahuan atau pengalaman dengan menulis artikel ilmiah, meningkatan karier dengan membuat artikel ilmiah dan dapat mempublikasikan (submission) artikel ilmiah ke jurnal nasional berbasis OJS (Open Journal System). Luaran dari pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah yang diikuti oleh guru SD di Kota Langsa untuk submission ke jurnal nasional. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dengan menggunakan pendekatan individual dan klasikal. Pendekatan individual dilakukan pada kegiatan pendampingan menulis artikel ilmiah yaitu  dengan metode FGD dan workshop. Sedangkan, pendekatan klasikal dilakukan pada kegiatan pelatihan dengan menyampaikan materi ruang lingkup, sistematika penulisan artikel ilmiah, metodologi penelitian dan teknik submission artikel ke jurnal nasional. Dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan terdapat temuan permasalahan  secara internal dan eksternal. Hasil yang diperoleh setelah pelaksanaan adalah (1) guru SD di Gugus Handayani dan Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Langsa dapat meningkatkan kompetensi profesional dalam penulisan artikel ilmiah sesuai aturan ilmiah; (2) guru memiliki antusias yang cukup tinggi tinggi dalam menulis artikel ilmiah; dan (3) guru dapat mengajukan (submission) artikel ilmiah ke jurnal nasional berbasis OJS. Harapan tim pengabdian adalah artikel ilmiah yang sudah di submission oleh guru dapat diterima dan dipublikasikan oleh jurnal nasional agar dapat digunakan untuk angka kredit kenaikan pangkat/jabatan yang selama ini menjadi kendala bagi guru.


Keywords


artikel ilmiah, jurnal nasional, submission

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasanah, D. S. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pendidikan Pelatihan, 11(2), 90–105.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993, nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Kompas. 2010. Lemah, Kemampuan Guru Menulis Karya Ilmiah, (Online), (http://nasional.kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah.Kemampuan.Guru.Menulis.Karya. Ilmiah.), diakses 01 Agustus 2022.

Larasati, R. T. 2014. Faktor-faktor Penghambat Penulisan Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SDN Lempuyangwangi Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar Dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Di SMK Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12), 67–75.

Suandi, I. N. 2008. Gerakan Menulis Karya Ilmiah (Sebuah Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 41(1), 510-531.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen sebagai Tenaga Profesi.

UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2485-2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.