PELATIHAN ANEKA BERHITUNG CEPAT (ABC) PADA SISWA SDK YASWARI NIKI – NIKI III

Hendrika Bete, Cecilia N Salsinha, Maria Naimnule, Dominifridus Bone

Abstract


Pendidikan Sekolah Dasar (SD) merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan pola pikir yang baik. Kemampuan berhitung pada siswa sangat berkaitan erat dengan kemampuan matematika, keduanya tidak dapat dipisahkan. Berdasarkan hasil wawancara dan survey tim pelaksana kegiatan pelatihan di SDK Yaswari Niki-Niki III, guru mengeluh karena kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam berhitung seperti pemahaman terhadap perkalian masih kurang ini terjadi karena rendahnya minat belajar siswa  khususnya pada keterampilan berhitung. Salah satu cara untuk menumbuhkan minat belajar siswa adalah dengan membuat pembelajaran menjadi tidak kaku. Berhitung cepat adalah solusi bagi siswa dalam belajar matematika, karena dengan berhitung cepat siswa menjadi lebih kreatif dan pembelajaran lebih menyenangkan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa Aneka berhitung Cepat (ABC) pada siswa SDK Yaswari Niki – Niki III yakni memahami konsep dasar berhitung dan menumbuhkan ide-ide kreatif dari siswa melalui teknik berhitung cepat. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest dan posttest meningkat yakni kemampuan siswa dalam berhitung cepat sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan aneka berhitung cepat persentasenya adalah dari 23% meningkat menjadi 94% sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, siswa belajar dengan lebih antusias dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

 


Keywords


Aneka Berhitung Cepat

Full Text:

PDF

References


Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33-38.

Fredlina, K.Q., Putu, I.G.,Juliharta, K., Bagus I., & Sudiatmika, K. (2005). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. PKM MIFTEK, 42-46

Suparni. (2015). Metode Jarimatika Kaitannya Dengan Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif, 7(1),63-72.

Miftakhul, W., Ulum, & Hasyim, M. (2016). Eksperimentasi Metode Jarimatika Modern Tontalkog “Berbasis Multimedia” pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2), 79-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2469-2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.