KREATIF DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LIMBAH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Yuliati Indrayani, Kiki Prio Utomo, Ayong Hiendro, M. Irfani Hendri

Abstract


Limbah bisa diolah menjadi sesuatu yang berguna dan memiliki nilai, salah satunya dengan mengubahnya menjadi media pembelajaran. Workshop ini bertujuan membangun kreativitas guru sekolah dasar dalam mengelola dan memanfaatkan limbah menjadi media pembelajaran yang menarik dan berguna dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran tidak selalu berkaitan dengan sesuatu yang mahal dan modern, namun dapat dikembangkan secara sederhana dari limbah-limbah yang ada di lingkungan sekitar. Sasaran utama dari workshop ini yaitu guru sekolah dasar di SDN 21 Pontianak Utara. Pelaksanaan workshop ini melalui beberapa tahapan, yaitu perancangan media pembelajaran, persiapan alat dan bahan, sosialisasi, dan workshop. Setelah penyampaian materi dari narasumber dan pemberian contoh media, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kemudian pembuatan media pembelajaran. Pada kegiatan ini, guru tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti tahapan pembuatan media pembelajaran yang dipandu oleh tim pelaksana. Media pembelajaran yang dihasilkan antara lain puzzle hewan, pohon ciri makhluk hidup, bangun datar, flashcard abjad, dan angka serta gambar.

Keywords


Lingkungan, limbah, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Angreany, F dan Saud, S. 2017. Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra. Vol. 1 No.2: 138-146.

Astuti, R. 2015. Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL. Jurnal Bioedukasi. Vol.8 No.2: 37-41.

Astuti, A. dan Hariyono. 2018. Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Wanita Tani untuk Pembuatan Kompos dengan Bioaktivator Mol dan Dikelola Melalui Bank Kompos. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi. Vol.2 No.1: 37–42.

Batul, R. Z. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol.06 No.04: 192 – 197.

Buttner, A. 2013. Aktivitas Permainan dan Strategi Penilaian untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT Indeks.

Chandra, R. D. A. 2019. Pengaruh Media Puzzle terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.1 No.1: 32-45.

Darmawan, L. A., Reffiane, F dan Baedowi, S. 2019. Pengembangan Media Puzzle Susun Kotak pada Tema Ekosistem. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.3 No.1: 14-17.

Fakhriyah, F., Wanabuliandari, S dan Ardianti, S. D. 2016. Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian pada Mdarasyarakat. Vol.1 No.1: 48-55.

Hamdiani, S., Ismillayli, N., Kamali, S. R. dan Hadi, S. 2018. Pengolahan Mandiri Limbah Organik Rumah Tangga untuk Mendukung Pertanian Organik Lahan Sempit. Jurnal Pijar MIPA. Vol.13 No.2: 151–154.

Harahap, A. F. D., Tuah, S., Ariaji, R dan Mulyana, V. 2017. Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point dan Camtasia di SMA Muhammadiyah 11 Kota Padangsidimpuan. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1 No.1: 7-11.

Hamzah, A. dan Lestari, S. U. 2016. Rumah Pangan Lestari Organik sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Keluarga. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia. Vol.1 No.1: 65–72.

Hasan, M., Milawati., Darodjat., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana dan P, I. M. I. 2021. Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media Grup.

Herlina, N. 2015. Permasalahan Lingkungan Hidup dan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi. Vol.3 No.2: 1-15.

Iskandar, Z. 2013. Psikologi Lingkungan Metode dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Istianah. 2015. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riwayah. Vol.1 No.2: 249-270.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 2020. Status Lingkungan Hidup Indonesia 2020. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia.

Kholidah, D. R., Badruttamam, C. A dan Ulfiyatin, A. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Tingkat Dasar (SD/MI/SDIT) dengan Memanfaatkan Limbah Sampah (Kardus) untuk Materi Sistem Pencernaan Manusia.

Ta’awun: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 01 No.01: 37-42.

Lismiatun., Fadillah, Hulasoh, E., Yusran, D. M dan Ellesia, N. 2021.

Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Sebagai Media Belajar pada SD Negeri Pamulang Permai. Jurnal Abdimas. Vol.2 No.1: 9-14.

Marliani, N. 2014. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif. Vol.4 No.2: 124-132.

Musfiqon, M. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nalhadi, A., Syarifudin., Habibi, F., Fatah, A dan Supriyadi. 2020. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4 No.1: 43-46.

Nasution, N., Zulfahmi., Lubis, F. H dan Hardiyanto, S. 2021. Pemanfaatan Media Belajar Online bagi Guru SMK Yayasan Pendidikan Harapan di Masa Pandemi Covid-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.4 No.3: 702-705.

Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Priyanto, Y., Djati, M. S., Soemarno dan Fanani, Z. 2013. Pendidikan Berprespektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana. Vol.16 No.1: 41-51.

Rahma, F. I. 2019. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam. Vol.14 No.2: 87-99.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono., Anung dan Raharjito. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahara, N., Sormin, M. A dan Agustina, L. 2019. Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.2 No.1: 40-44.

Saputri, S. C. 2020. Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. Jurnal Abdikarya. Vol.2 No.1: 56-61.

Sutarman, I. W. 2016. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar (Studi Kasus pada CV Aditya). Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri. Vol.X No.1: 15-22.

Syamsudduha, S dan Rapi, M. 2012. Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol.15 No.1: 18-31.

Wahid, A. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Istiqra’. Vol.V No.2.

Widiana, I. W., Rendra, N. T dan Wulantari, N. W. 2019. Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Indonesian Journal of Educational Research and Review. Vol.2 No.3: 354-362.

Yuswanti. 2013. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol.3 No.4: 185-199.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3607-3614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.