AGROINDUSTRI PENGOLAHAN IKAN BELUT MENJADI BAKSO BELUT DAN BROWNIES BELUT DI DESA PUUHOPA KECAMATAN PURIALA KABUPATEN KONAWE

Milawati Saranani, Sarty Syarbiah, Ulyasniati Ulyasniati, Lukman Sukawati

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat bisa berbentuk pendidikan nonformal dimana mendelegasikan tim dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan. Jenis-jenis program pengabdian dalam masyarakat ini meliputi penataan pelatihan pengolahan bahan baku ikan belut menjadi produk bakso dan brownie. Sasaran Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini yaitu kelompok UMKM Srikandi yang beranggotakan 10 orang ibu-ibu rumah tangga maupun  berlokasi di Desa Puuhopa Kecamatan Puriala Kabupaten Konawe. Tujuan dari kegiatan ini ialah pemberian pengetahuan mengenai agroindustri dan diversifikasi/ penganekaragaman pengolahan Ikan Belut menjadi Bakso Belut dan Browies Belut, dan memberikan pelatihan penerapan teknik ataupun metode yang bisa digunakan pada pembuatan jajanan pangan lokal berbahan baku ikan belut. Manfaat yang dapat diperoleh melalui pengabdian ini adalah dalam rangka peningkatan sumerdaya manusia (SDM) melalui peningkatan keterampilan dan pemahaman dalam mengolah bahan baku ikan belut yang merupakan produk potensial yang ada di desa tersebut.


Keywords


Agroindustri, Pengolahan, Ikan Belut

Full Text:

PDF

References


Aan Supriatna, 2014. Mengenal Ikan Belut. https://www.lalaukan.com/2014/04/ mengenal-ikan-belut.html (Diakses Tanggal 5 April 2022).

Almatsier, S, 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dewan Ketahanan Pangan. (2006). Kebijakan Umum Ketahanan Pangan 2006-2009. Dewan Ketahanan Pangan RI. Jakarta.

FEB Unpas, 2018. Pengabdian pada Masyarakat. https://feb.unpas.ac.id/fe_app /index.php?TF4HWFNTSlouNTFsJyorKicnZS0pEj4_PXc8PmkFMzk_ODg_NTwwfzAABgJEKAcUEQgYCgcMGg (Diakses Tanggal 5 April 2022)

Indriani, 2006. Peanut Brownies. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Ismayani

Muchtadi, M.S. 2010. Teknik Evaluasi Nilai Gizi Protein. ALFABETA. CV.

Mulyati. 2015. Pembuatan Brownies Panggang Dari Bahan Tepung Talas (Colocasia gigantean Hook F.) Komposit Tepung Ubi Jalar Ungu Dengan Penambahan Lemak yag Berbeda. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

PERSAGI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia). (2009). Tabel Komposisi Pangan Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Siagian, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Bumi Aksara

Sulistyo, CN. 2006. Pengembangan Brownies Kukus Tepung Ubi Jalar di PT. Fits Mandiri Bogor. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tarwotjo, L 5., S. Hartini, S. Soekirman dan Sumartono. 1971. Komposisi tiga jenis . bakso di Jakarta. Akademi Gizi. Jakarta.

Tribubbewswiki.com, 2021. Bakso. https://www.tribunnewswiki.com/2021/03/08/ bakso-kuliner-indonesia (Diakses Tanggal 5 April 2022).

Wibowo, S. 2006. Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Jakarta : Penebar Swadaya

Winarno, F. G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Yeni, 2006. Variasi Brownies Kukus & Panggang. Jakarta : Kawan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2453-2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.