PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMBERDAYAAN E-COMMERCE PADA UMKM KERUPUK KEMPLANG DESA LEMBAK KABUPATEN MUARA ENIM

Leriza Desitama Anggraini, Mutiara Kemala Ratu, Endah Dewi Purnamasari, Faradillah Faradillah

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berpotensi meningkatkan perekonomian baik daerah bahkan negara sekalipun. UMKM sebagai bentuk usaha mandiri masyarakat yang bermanfaat menciptakan lapangan pekerjaan. Guna mewujudkan UMKM yang maju dan berkembang, UMKM harus memiliki pengelolaan internal yang baik terutama pengelolaan keuangan. Kurangnya pemahaman akuntansi dalam menyusun laporan keuangan menjadi masalah utama pada UMKM. Selain pengelolaan keuangan, minimnya edukasi dan penguasaan teknologi informasi terutama teknologi pemasaran menjadi permasalahan pada UMKM. Pada era yang terdampak pandemi menuntut UMKM untuk melihat peluang pemasaran secara luas agar dapat meningkatkan penjualannya. UMKM harus memanfaatkan pemberdayaan e-commerceatau pemasaran digital. UMKM Kerupuk dan Kemplang di Desa Lembak merupakan usaha lokal asli daerah di Kabupaten Muara Enim. Banyak permasalahan yang dihadapi UMKM ini dari pengelolaan keuangan yang kurang memadai sampai dengan pemasaran yang masih sangat tradisional. Terdapat masalah lainnya juga seperti kemasan yang tidak tahan lama, belum ada branding, minimnya pengetahuan terhadap e-commerce serta permasalahan permodalan dan harga bahan baku yang melonjak naik sehingga mempengaruhi harga pokok produksi.


Keywords


UMKM, keuangan, e-commerce

Full Text:

PDF

References


Efriyenti, D. and Tukino, T. (2021) ‘Pembinaan Penyusunan Laporan Keuangan Dan Pemberdayaan Pemasaran Berbasis E-commerce Pada UKM Bank Sampah Mandiri Kota Batam’, Altruis: Journal of Community Services, 2(1). doi: 10.22219/altruis.v2i1.15533.

Fajrin, A. A. and Tukino (2021) ‘Pembinaan Pemberdayaan Pemasaran Berbasis Online Untuk UMKM Di Kota Batam’, Journal Puan Indonesia, 3(1), pp. 83–92.

Fitriyana, F. et al. (2021) ‘Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19’, Dedikasi Pkm, 2(2), p. 206. doi: 10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765.

Kartika, I. et al. (2021) ‘Peningkatan Usaha Kreatif dan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi Keluarga di Desa Pabelan Kabupaten Semarang dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Ekonomi Keluarga’, Indonesian Journal of Community Services, 3(2), p. 135. doi: 10.30659/ijocs.3.2.135-144.

Kemenkop dan UMKM (2019) ‘Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018 - 2019’, Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, (1), pp. 2018–2019.

Rahmadani et al. (2021) ‘Pendampingan UMKM Hebat dengan Inovasi Produk, Pemasaran Digital, dan Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Cekeremes di Kecamatan Medan Tuntungan’, JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), pp. 147–157. doi: 10.37339/jurpikat.v2i2.637.

Tanan, C. I. and Dhamayanti, D. (2020) ‘Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura’, Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), pp. 173–185. doi: 10.37680/amalee.v1i2.408.

Tukino, Elisa, E. and Fajrin, A. A. (2022) ‘Pembinaan Pemberdayaan Pemasaran Berbasis E-Commerce Pada Ukm Rafflesia Di Kota Batam’, Snistek 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2446-2452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.