PEMBIMBINGAN PERILAKU IFFAH PADA REMAJA DI TPA SUKAMULYA KELURAHAN TANGKILING KOTA PALANGKA RAYA

Andri Agas, Ajahari Ajahari, Marsiah Marsiah, Surawan Surawan

Abstract


Belakangan ini yang terjadi sekarang dengan teknologi yang cepat hingga mudah dalam hubungan komunikasi melalui perkembangan dan kesulitan memperoleh informasi baik di dalam negeri, sehingga berdampak pada perubahan budaya dalam negeri yang bersaing dengan budaya barat yang masuk melalui perkembangan teknologi berupa media sosial , baik dari video youtube, instagram, dan lain-lain sasaran utamnya paling dominan adalah pemuda/remaja. Dari fenomena tersebut memiliki sisi positif dan negatif, tergantung bagaimana cara mereka menyikapinya. Namun pada saat ini sisi negatifnya lebih besar dari pada sis positif, dengan melihat kenyataan pada saat ini yang semakin berpengaruh dengan kerusakan perilaku serta moral yang disebarkan melalui media internet, film, tontonan kriminal,dan konten berbaur pornografi. Salah satu masalah moral dalam pergaulan adalah masalah menjaga kesucian diri atau memelihara diri agar terhidar dari segala perbuatan tercela (iffah). Seperti yang terjadi di TPA Sukamulya dalam pembimbingan perilaku iffah yang dilakukan bertujuan untuk mencetak remaja yang berkualitas dan berakhlak yang baik, setelah pembimbing yang dilakukan remaja di TPA Sukamulya kebanyakan remaja akan memahami perilaku iffah dan remaja-remaja sekitarnya mulai dari berkata-kata yang dilakukan oleh para remaja di TPA Sukamulya. baik, berpakaian yang rapi dan menutup aurat serta tidak berdua dengan lawan seusianya. Salah satu masalah moral dalam pergaulan adalah masalah menjaga kesucian diri atau memelihara diri agar terhidar dari segala perbuatan tercela (iffah).Seperti yang terjadi di TPA Sukamulya dalam pembimbingan perilaku iffah yang dilakukan bertujuan untuk mencetak remaja yang berkualitas dan berakhlak yang baik, setelah pembimbing yang dilakukan remaja di TPA Sukamulya kebanyakan remaja akan memahami perilaku iffah dan remaja-remaja sekitarnya mulai dari berkata-kata yang dilakukan oleh para remaja di TPA Sukamulya. baik, berpakaian yang rapi dan menutup aurat serta tidak berdua dengan lawan seusianya. Salah satu masalah moral dalam pergaulan adalah masalah menjaga kesucian diri atau memelihara diri agar terhidar dari segala perbuatan tercela (iffah).Seperti yang terjadi di TPA Sukamulya dalam pembimbingan perilaku iffah yang dilakukan bertujuan untuk mencetak remaja yang berkualitas dan berakhlak yang baik, setelah pembimbing yang dilakukan remaja di TPA Sukamulya kebanyakan remaja akan memahami perilaku iffah dan remaja-remaja sekitarnya mulai dari berkata-kata yang dilakukan oleh para remaja di TPA Sukamulya. baik, berpakaian yang rapi dan menutup aurat serta tidak berdua dengan lawan seusianya.


Keywords


Pembimbingan; Perilaku Iffah; Remaja.

Full Text:

PDF

References


Desmawarita, S., & Aryani, L. (2014). Student Trust in Ustadz: Indigenous Approach to Psychology. Journal of Psychology. Vol. 10 No. 2, 119-127.

Desi Trisiani, Dewi Nurlela Sari dkk. (2021). Pendampingan Kesehatan Remaja Melalui Pembentukan Pojok Kesehatan Remaja (POKER) di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kebidanan. Vol. 3 No.1, 1-11.

Gunarsa, & Singgi.D. (2008). Child and Adolescent Developmental Psychology. Jakarta: KDT.

Hikmah, S. (2017). Mengantisipasi Kejahatan Seksual Terhadap Anak Melalui Pembelajaran (Aku Anak Berani Melindungi Diri Sendiri). Jurnal Studi Gender. Vol. 12 No .2, 187-206.

Islamhuzzaqiyah. (2020). The Role of Ustads in Improving Akhlaqul Karimah in female students at the Darul Ulum Al-Fadholi Islamic Boarding School. Journal of Islamic Education. Vol. 5 No. 1, 1-98.

Karson, N. (2017). Al-Ghazali's Version of the Concept of Moral Virtue”, Journal of Islamic and Educational Management. Journal of Islamic and Educational Management. Vol. 6 No. 1, 106-117.

Machnunah A,Z & Syafiuddin. (2021). Aqidah Akhlak. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Muslimah. (2015). Instilling Religious Values ​​in the Family. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Surawan, & Mazrur. (2020). Developmental Psychology of Religion. Yogyakarta: K-Media.

Saputra, TS (2014). Akidah Akhlak Madrasyah Aliyah Class X. Semarang: PT. Toha Putra's work.

Saefudin, W. (2020). Psikologi Pemasyarakatan. Jakarta: Kencana. A.

Tarbiyah B 2018. (2021). Kamus Istilah Pendidikan Islam. Jawa Barat: Guepedia.

Umro, J. (2020). Challenges of Islamic Religious Education Teachers in Facing the Era of Society 5.0. Journal of Al-Makrifat. Vol. 5 No. 1, 79-95.

Pristian H,P & Wisnarni. ( 2022). Wawasan Al-Qur’an dan Hadits Tentang Karakter. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Yuliana, D. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Gebangan. Jurnal MATAPPA Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 2, 10-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2422-2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.