PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DENGAN MEDIA BERMAIN PLASTISIN

Dwi Hurriyati, Roro Ajeng Puspaningrum Putri Agung

Abstract


Kemampuan motorik halus anak penyandang tunagrahita ringan menjadi dasar utama dari penelitian ini. Yang menjadi titik fokus utama dalam penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak tunagrahita ringan dengan bermain plastisin. Plastisin sendiri menjadi salah satu permainan yang bertujuan untuk melatih anak dalam perkembangan motorik halusnya. Peningkatan motorik halus sendiri menjadi pusat perhatian peneliti dimana anak-anak yang masih kesulitan dalam menulis, menggenggam, memegang, dan membawa barang mengalami penghambatan dalam perkembangan motoriknya. Hasil penelitian ini dapat memberikan edukasi kepada orangtua lainnya untuk lebih dapat memperhatikan motorik halus dengan salah satu cara melatih bermain plastisin dengan itu dapat menjadi salah satu cara anak dalam kemampuan menulis, menggenggam, memegang, dan membawa barang


Keywords


Tunagrahita, Motorik halus, Plastisin

Full Text:

PDF

References


Madden, M. A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Latihan Motorik Halus Pada Anak Tunaa Grahita Kelas 1 C Semester II Di SLB Negeri Bambi. Jurnal Real Riset.

Mutia, & Iswati, M. (2020). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Lego Dasar Bagi Anak Tunagrahita. Journal of Multidicsiplinary Research and Development.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta.

Wibisono, S. S., & Rianto, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Melalui Kegiatan Seni Finger Painting.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2413-2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.