EDUKASI MENGENAI KESADARAN MENJAGA KEBERSIHAN DIRI PADA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Asti Gumartifa, Indawan Syahri, Bengawan Alfaresi

Abstract


Setelah lebih dari dua tahun Indonesia dan dunia masih dalam keadaan pandemi  covid-19. Terdapat banyak dampak dan ancaman kesehatan yang dirasakan oleh kalangan masyarakat khususnya pada anak-anak sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu varian virus covid-19 semakin bertambah dan juga semakin berbahaya. Meskipun pemerintah sudah membuat program vaksinasi, pemerintah masih tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Agar himbuan dari pemerintah terlaksana secara merata khususnya dalam menjaga kebersihan diri yang dimulai sejak dini yaitu anak-anak sekolah dasar,  kami memberikan edukasi dan sosialisasi  dalam mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak di SD Negeri 24 Palembang sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut memberikan dan membuka wawasan kepada adik-adik tentang proses penularan virus Covid -19 yang dipengaruhi oleh kebersihan lingkungan dan badan. Sehingga adik-adik di SD Negeri 24 antusias selama proses kegiatan berlangsung.

Keywords


Pandemic covid-19, kebersihan, lingkungan, mencuci tangan, protokol kesehatan

Full Text:

PDF

References


Arrifal, K., Azman, M.S., Fauziyah, S.A., Riantama, Z.D. (2021). Kehadiran mahasiswa membangkitkan antusiasme belajar anak di desa Cilame rw 06 pada masa Pandemi Covid 19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 1(17), pp. 103-107.

Proverawati, A., Rahmawati, A. (2012). Prilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta; Nuha Medika.

Levani, Y., Prastya, A.D., Mawaddatunnadilaa, S. (2021). Coronaavirus Disease 2019 (COVID-19); Patogenesis, Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. Journal Kedokteran dan Kesehatan. 17(1), pp. 44-57.

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid -19 Pada Pendidikan di Indonesia; Sekolah, Keterampilan, Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 7(5), pp. 394-402.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2408-2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.