SOSIALISASI PEMANFAATAN LAHAN KOSONG SEBAGAI TAMAN ASRI APOTIK HIDUP GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA PARI KECAMATAN PANTAI CERMIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Armita Ningsih, Dwie Jihan Fadilla, Harisa Fitrah, Selly Oktadiah Hasibuan, Nur Aisyah Pulungan, Nirwana Anas

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Desa Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini berfokus pada Apotek Hidup yang dilaksanakan di desa berupa sosialisasi kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan masyarakat tentang peran tumbuhan di desa dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya menanam apotek hidup dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) melalui kegiatan non profit. Penelitian ini dilakukan dimulai dengan tahapan observasi, perencanaan, tindakan (action) dan evaluasi. Dimana temuan penelitian ini ditemukan, masyarakat dapat memahami pentingnya pemanfaatan lahan terlantar dengan menanam tanaman sehingga menjadi asri dan menjadi sarana masyarakat untuk memanfaatkan tanaman obat.


Keywords


Apotek Hidup, Tanaman, Lahan kosong, Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Agromedia, R. (2007). Memanfaatkan Pekarangan untuk Taman Obat Keluarga. AgroMedia.

Ashari, Saptana dan Purwanti, TB. (2012). Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volum 30 No 1 hal 13-30.

Departemen Kesehatan RI. Jakarta. Anton Gunarto, 2007. Menata Tanaman Obat keluarga (TOGA) Di Pekarangan Rumah. Prosiding Seminar Nasional dan Perkembangan Teknologi.

Hutapea. J.R. et al, 1993-2001. Inventaris Tanaman Obat Indonesia, Jilid I s.d. V. Balitbang Kesehatan.

Kementerian Pertanian; SIKIP. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari. Kementerian ertanian. Jakarta

Kurniati, Nia. 2010. Sehat dan Cantik Alami Berkat Khasiat Bumbu Dapur. Bandung : Mizan Pustaka

Madyowati, S. O. (2017). Sosialisasi Pengisian Buku Catatan Pemanfaatan Pekarangan/Hatinya PKK(Peternakan, Perikanan, Warung Hidup, Lumbung Hidup, TOGA, Tanaman Keras. (pp. 1-17). Universitas Dr Sutomo.

Moeljanto, Damayanti dan Mulyono. 2003. Khasiat dan Manfaat Daun Sirih. Jakarta : Agromedia Pustaka.

Nur Prihatiningsih, Puji Lestari, 2018. Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan tanaman Sayuran Ramah Lingkungan. Dimas Budi, Jurnal pengabdian Masyarakat.

Riah. (2005). Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Penebar Swadaya: Jakarta.

Rukmana, Rahmat. 2004. Temu-Temuan. Yogyakarta : Kasinus.

Satya DS, B. 2013. Koleksi Tumbuhan Berkhasiat. Edisi 1. Editor: A. Prabawati. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Thomas. 1989. Tanaman Obat Tradisional I. Yogyakarta : Kasinus.

Widya, Tri Widyawati, dan Rizal, Muhammad. (2015). Upaya Pemberdayaan Apotik Hidup di Perkotaan Melalui Deskripsi dan Manfaat Tanaman Obat. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indonesia. Volume 1, Nomor 8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2325-2330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.