PELATIHAN APLIKASI MENDELEY GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SITASI BAGI GURU SMA MUHAMADIYAH 9 PALEMBANG

Diana Diana, Iin Seprina, Suzy Oktavia Kunang, Firamon Syakti

Abstract


Salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang Guru adalah menulis artikel ilmiah. Menuliskan gagasan dalam bentuk artikel ilmiah dapat meningkatkan kualitas pengetahuan Guru sehingga berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Sitasi atau kutipan berkaitan erat dengan artikel ilmiah. Sitasi dapat menguatkan argumen dan menjadi landasan pengetahuan tentang penelitian yang sedang dilakukan. Tindakan plagiat, penulis menuliskan karya penulis lain tanpa mengutip referensi asli, harus dihindari dalam artikel ilmiah. Perkembangan teknologi komputer saat ini telah menyediakan berbagai aplikasi praktis yang dapat digunakan untuk melakukan sitasi, salah satunya adalah Mendeley. Aplikasi mendeley dapat meminimalisasi kesalahan bagi penulis dalam melakukan sitasi dan membuat daftar pustaka.  Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi komputer dalam melakukan sitasi sumber pustaka. Hal ini sangat disayangkan apabila teknologi yang gratis dan sangat bermanfaat ini tidak digunakan secara optimal.  Kegiatan PkM ini diikuti oleh 11 orang guru SMA Muhammadiyah 9 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. Berdasarkan hasil post test diperoleh bahwa semua peserta dapat memahami dan mempraktekan semua fasilitas yang ada di dalam aplikasi Mendeley.  Semua  peserta menyatakan bahwa mereka sangat puas (45,5%) dan puas (55,5%) terhadap pelatihan ini. Semua peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat menarik (36,4%)  dan menarik (63,6%).  Semua peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat (63,6%) dan bermanfaat (36,4%). 


Keywords


Sitasi, Kutipan, Mendeley, Artikel Ilmiah, Plagiat

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/8763

Faizuddin, H. (2017). Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya Faizuddin. Libria, 9(1), 103–114.

Gustaman, F. A., Arsi, A. A., Astuti, T. M. P., Husain, F., Akhiroh, N. S., Abdurrahman, & Bafadal, R. (2020). Jurnal Puruhita. Jurnal Puruhita, 2(1), 19–23.

Hasan, H., & Rahmani, D. (2021). Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru. Publishing Letters, 1(1), 16–19. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i1.3

Krismiyati, Ahmad, B., & Purnamasari, J. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik YAPIS BIAK Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 561–568.

N., A., Listihana, W. D., & Denan, N. (2018). Mendeley: Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. MARTABE -Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–55. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.182

Ritonga, R., & Iskandar, R. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar di Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 01(01), 31–38.

Sadikin, A., Johari, A., Siburian, J., Wicaksana, E. J., & Natalia, D. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30–42. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058

Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145. https://doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2255-2261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.