PENINGKATAN KETRAMPILAN OLAH DATA KUESIONER MENGGUNAKAN SPSS VERSI 22 BAGI MAHASISWA DI TEGAL

Dewi Kartika, Yeni Priatna Sari, Hetika Hetika, Fitri Amaliyah, Albiri Yusuf

Abstract


Salah satu tugas yang harus diselesaikan mahasiswa yang akan memasuki jenjang ujian akhir adalah melakukan penelitan. Dalam penelitian terdapat aktivitas mengolah dan menganalisis data. SPSS merupakan software yang dapat digunakan untuk aktivitas tersebut. SPSS membantu pengguna dalam melakukan uji dan analisis statistik. Namun, berdasarkan analisis situasi saat ini, banyak mahasiswa/i yang tidak menggunakan SPSS, yang menunjukkan bahwa mereka mungkin mengalami kesulitan saat mengumpulkan data atau ketika mencoba mengevaluasi data yang telah dikumpulkan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan analisis data bagi para mahasiswa yang melakukan olah data yang menggunakan SPSS 22, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang isu-isu yang berkaitan dengan pengumpulan data survei. Analisis data ini merupakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain pemahaman mahasiswa tingkat akhir tentang penggunaan SPSS 22 sebagai alat atau panduan untuk mengatur dan menganalisis data survei menggunakan metode kuantitatif, khususnya menggunakan kuesioner yang mengajukan pertanyaan terbuka


Keywords


Pengolahan Data SPSS, Mahasiswa di Tegal

Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2018). SPSS Komplet untuk Mahasiswa. Jakarta: PT. Elex Media Komputerindo.

KBBI. (2016). Mahasiswa. Retrieved October 18, 2021, from KBBI Daring website: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mahasiswa

Kusuma, A., dan Rakhman, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Olah Data (SPSS) Pada Mahasiswa DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.30591/japhb.v1i1.688

Tarjo, T., dan Burhanuddin, B. (2020). Peningkatan Kemampuan Riset Mahasiswa Melalui Pelatihan Olah Data Statistik Dengan Spss. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 330–337. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2406




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2209-2212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.