SOSIALISASI PEMANFAATAN BATANG PISANG SEBAGAI KERIPIK UNTUK MEMBANGKITKAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR PANTAI DESA KOTA PARI, KECAMATAN PATAI CERMIN, KABUPATEN SERDANG BERDAGAI

Fadlilla Al Hasanah, Ghariza Annisa, Raudhatul Jannah, Salsa Dianty Yolanda, Sakinah Warahmah, Miza Nina Adlini

Abstract


Melimpahnya limbah batang pisang yang dibuang begitu saja tanpa pengolahan lebih lanjut karena minimnya pengetahuan akan manfaat serta tata cara pengolahan batang pisang di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Padahal, batang pisang mengandung sumber serat, mineral, vitamin, dan karbohidrat yang tinggi. Batang pisang mengandung vitamin yang dapat menjaga sistem metabolisme tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan serta dapat menjadi sumber energi. Batang pisang merupakan bagian pisang yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun, dengan pengolahan yang tepat, batang pisang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimental. Metode penelitian eksperimental merupakan salah satu metode peelitian dengan cara melakukan beberapa percobaan terhadap objek penelitian. Dalam hal ini objek penelitian yang dipakai adalah batang pisang sebagai bahan baku pembuatan keripik. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat untuk mengolah batang pisang menjadi bahan pangan bernilai ekonomis dalam bentuk keripik disambut dengan baik oleh masyarakat dan pelatihan yang diberikan bisa dikatakan telah berhasil, namun kegiatan ini belum memberikan pelatihan bagaimana strategi pemasaran produk. Tindak lanjut pelatihan sangat diperlukan agar masyarakat dapat memproduksi keripik batang pisang dalam skala besar.

Kata Kunci: Pisang, Limbah, Batang, dan Keripik


Keywords


Pisang, Limbah, Batang, dan Keripik

Full Text:

PDF

References


Retno, Sumani, dan Aktavia. 2018. Pemanfaatan Batang Pisang Untuk Aneka Produk Makanan Olahan Di Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Journal of Community Empowering and Services. e-ISSN: 2579-5074.

Sholichah, Rohmani dan Adi Yugatama. 2019. Pemberdayaan Masyarakat melalui Wirausaha Kerupuk Bonggol Pisang di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 5 (2): 103-108.

Syarifuddin, Hutwan. "Prospek Pemanfaatan Limbah Batang Pisang dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Masyarakat Ramah Lingkungan," Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2274-2284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.