DIRI SENDIRI SEBAGAI AWAL PENCEGAHAN COVID-19, SEBUAH SOSIALISASI DAN EDUKASI DI DESA BAGAN KUALA, SERDANG BEDAGAI, PROVINSI SUMATRA UTARA

Deni Puspita Sari, Lissa Herayanti, Wulan Purnama Sari Vinia, Khairuna Khairuna

Abstract


Covid-19 merupakan kasus yang heboh mulai akhir tahun 2019. Berbagai upaya dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus ini. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PeMa) ini dilaksanakan oleh mahasiswa Tadris Biologi 4 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Stambuk 2019.Tujuan dari dilakukannya program ini adalah untuk melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan penanganan covid-19 berawal dari diri sendiri di desa Bagan Kuala, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Tahapan kegiatan ini berawal dari sosialisasi kemudian edukasi secara langsung kepada masyarakat.Masyarakat menyambut dengan antusias dengan diadakannya kegiatan ini. Kegiatan ini diharapakan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Keywords


Sosialisasi, Edukasi, Pencegahan, Penanganan, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Achmad, Dwiyana Hartanto dan Ratri Rahayu. 2021. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Desa Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Jurnal Karya Abdi. Vol. 5 No. 1.

Ausrianti, R., dkk. 2020. Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 serta Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pengemudi Ojek Online. JurnalPeduli Masyarakat. Vol. 2 No. 2.

Caesaron, Dino, dkk. 2021. Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 melalui Media Poster di Desa Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang. Vol.6 No. 2.

Fachrul, Zikri Nurhadi, dkk. 2021. Strategi Komunikasi dan Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Poster. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Faulin, Farah NurdanVidia Nuria Rahman. 2021. Penyuluhan Program Vaksinasi Covid-19 Pada Mayarakat Desa Pakistaji. Jurnal BUDIMAS. Vol. 3 No. 2.

Istiatin, Fithri Setya Marwati, danBurhanudin AY. 2021. Sosialisasi dan Edukasi Program Penanganan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Guna Meredam Kepanikan Sosial di Wilayah Desa Gentan. Jurnal BUDIMAS. Vol. 3 No. 2.

Maya, Yonette Tupamahu dan Salomi Jacomina Hehanussa. 2021. Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Melalui Media Poster dan Pembagian Masker Kain di Pasar Benteng Kota Ambon. Bakti (Jurnal Pengabdian Masyarakat). Vol 1 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i7.2431-2437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.