PELATIHAN PEMBUATAN VCO (Virgin Coconut Oil) SANTAN KELAPA

Salwa Sabila, Jeneri Puspita Sari, Liza Nuri Rahmi, Saudah Julia Intanna, Sri Yanti Tarihoran, Putri Bungsu Berutu, Nirwana Anas

Abstract


Pohon Kehidupan atau “The Tree Of Life”, julukan itu disematkan kepada tanaman kelapa (Cocos nucifera L) karena hampir semua bagian yang ada pada tumbuhan ini dapat dimanfaatkan  untuk  kehidupan  manusia.  Mulai  dari  akar  hingga  bunga  kelapa  dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, bisa untuk konsumsi, farmasi, bahan bakar hingga kerajinan tangan. Seperti contoh minyak kelapa atau dikenal juga dengan sebutan Virgin coconut oil (VCO). Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) merupakan salah satu produk olahan tanaman kelapa yang berbentuk cair dengan warna yang bening dan berbau khas kelapa serta daya simpan yang lama. Pengolahannya tanpa melalui proses pemanasan. Virgin coconut oil adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi yang dilakukan dari buah kelapa segar sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum khas kelapa, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan. Dalam proses pembuatan VCO dapat diproses dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan cara fermentasi atau tidak menggunakan teknik pemanasan dalam proses pembuatannya.Tujuan dari pembuatan virgin coconut oil ini ialah untuk menyuguhkan informasi seputar pemanfaatan kelapa yang dapat diolah lagi sehingga menghasilkan suatu produk baru yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi serta dapat juga digunakan sebagai obat maupun kosmetik yang mampu mengatasi masalah kulit misalnya kulit kering, tumit kaki pecah pecah, dan masih banyak manfaat lainnya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini secara spesifik adalah upaya promotif bidang pengembangan usaha bisnis untuk mewujudkan siswa siswi yang terampil dan produktif dalam menghasilkan suatu produk kesehatan yang nantinya dapat dimanfaatkan baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini, juga relevan dengan ilmu ekonomi dan bisnis, dimana nantinya produk yang dihasilkan dapat dipasarkan sehingga ini bisa menjadi income atau penghasilan tambahan bagi Masyarakat setempat.


Keywords


Pengabdian Masyarakat, Minyak Kelapa VCO, income.

Full Text:

PDF

References


Suprihatin, (2010), Aneka produk olahan kelapa, Penebar swadaya: Jakarta

Setiaji dan Surip, (2006), Membuat Vco berkualitas tinggi,PT Penerbit swadaya: Jakarta

Alamsyah, N.A, 2005. Pengenalan Virgin Coconut Oil. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Kartika, Bambang, dkk.1988. Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan. Yogyakarta: PAU Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada

Ketaren, S.,1986. Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.

Mang Aden, May 2011. Meilgaard, M., Civille G.V., Carr B.T. 2000. Sensory Evaluation

Soekarto., 1990. Penilaian Organoleptik Untuk Industri Pangan dan Hasil Pertanian, Bhatara Aksara, Jakarta.

Suastuti, D. A 2009. Kadar Air Dan Bilangan Asam Dari Minyak KelapaYang Dibuat Dengan Cara Tradisional Dan Fermentasi. [Skripsi]. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Udayana, Bukit Jimbaran

Suhardiyono, L, 1993. Tanaman Kelapa Budidaya dan Pemanfaatannya, Kanisius, Yogyakarta.

Rahayu, T., 2006. Kualitas VCO Berdasarkan Kadar Protein, Kadar Air, dan Logam Berat (Fe dan Pb) Berbagai Produk VCO (Virgin Coconut Oil. Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, 7(1):3.

Wahyuni, Mita, 2000, Bertanam Kelapa

Kopyor, Penebar Swadaya, Jakarta.

Hasibuan, R. J.(2018). Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan menggunakan Cara Tradisional. 3(1).

R,Fatwatun. K.B. 2013. Proses Pembuatan VCO (Virgine Coconut Oil) Secara Enzimatis Menggunakan Papain Kasar. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri. 2(1).

Perdani.2019. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Kajian Suhu Inkubasi dan Konsentrasi Enzim Papain Kasar

Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri

http://www.industria.ub.ac.id

https://doi.org/10.21776/ub.industria.2019.008.03.8

Perdani. M. S. 2019. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Metode Sentrifugasi. Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 8(3). 238-246.

Welasih. 2019. Virgin Coconut Oil infused healthy cosmetics. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri. UPN “Veteran” Jatim. September 2019.

Aprilia. 2018. Analisis Ekonomi Usaha Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) di Desa Waempubbu Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Skripsi Diterbitkan. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makasar.

Sutanto. D.A. 2021. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Metode Enzimatis Dan Fermentasi. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Bengkulu. ICOMES: Indonesian Journal of Community Empowerment and Service

Opier. 2016. Pembuatan Virgin Coconut Oil dengan Metode Pemanasan dan Analisis Produk yang dihasilkan. Skripsi diterbitkan. Jurusan kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Rifdah. A.A. 2021. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Dengan Metode Enzimatis Menggunakan Sari Bonggol Nanas. Jurnal Teknik Patra Akaademika. 12(2).

Listyorini.W.W.2013.Optimasi Pembuatan Nanoemulsi Virgin Coconut Oil. Progam Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Skripsi diterbitkan Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Febrianti. 2020. Studi Pembuatan Virgin Coconut Oil Dengan Memanfaatkan Kulit Buah Nanas (Ananas comosus L.). Skripsi diterbitkan. Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Arcinthya. F.F. 2018. Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) bagi Masyarakat. Jurnal SOLMA. 7(1)

Zagoto. 2021. Pembuatan dan Analisis Nanoemulsi dengan Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO). Skripsi diterbitkan Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Mirella. C. M. 2021. Pembuatan dan Analisis Nanoemulsi dengan Menggunakan Virgin Coconut Oil (VCO). 3(2).125~129DOI:10.29303/jwd.v3i2.142125

Maahury. C.A. 2021. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Pada Desa Oma Pulau Haruku Maluku Tengah. Jurnal Warta Desa (JWD)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2285-2291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.