UPAYA PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN ISPA DI DESA MEKAR JAYA KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI

Indah Rizka Ananda, Nofreza Dwiyanti, Suntri Suntri, Dinda . Ikwanti, Refi Nola Aqnia

Abstract


Alasan penyebab terjadinya penyakit ISPA yang terdapat di Desa Mekar Jaya, disebabkan kebiasaan dan perilaku masyarakat di Desa Mekar Jaya di RT 29 dan RT 30 terhadap kesehatan dan lingkungan. Kebiasaan membakar sampah sehingga menimbulkan polusi yaitu berupa asap pembakaran lingkungan. Asap tersebut jika sering dihirup oleh orang dewasa maupun balita dan anak-anak dapat mempengaruhi kesehatannya. Selain itu asap rokok juga mempengaruhi dan menimbulkan polusi udara dan dapat menyebabkan munculnya penyakit ISPA. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. penyakit yang paling sering di keluhkan oleh masyarakat dan menambah wawasan masyarakat dalam mengelola tanaman obat yang ada di RT 29 & 30 di Desa Mekar Jaya Kabupaten Muaro Jambi. Pengabdian masyarakat dapat dilakukan dengan survei data awal ke puskesmas dusun 1 dan mengunjungi rumah-rumah warga di RT 29 & 30 untuk mendata dan mewawancarai penyakit yang paling banyak diderita, Tim pengabdian masyarakat mewawancarai penyakit yang paling umum dan kemudian mengadakan Musyawarah Masyarakat Daerah (MMD). Setelah mempertimbangkan masalah ini, tim pengabdian memutuskan tindakan semua kebutuhan yang diperlukan guna melakukan  penyuluhan mengenai penyakit ISPA  serta pemanfaatan teh dari jahe dan kencur untuk dijadikan produk herbal dalam membantu mengobati dan menanggulangi penyakit ISPA, lalu melaksanan penyuluhan tentang DAGUSIBU, PHBS, pembuatan TOGA, senam pagi dan macam-macam tanaman herbal untuk memberikan solusi dalam membantu mencegah dan mengobati penyakit.. Hasil dari pengabdian ialah  menambah wawasan masyarakat untuk memanfaatkan tanaman herbal yang ada di lingkungan sekitar dengan diadakan penyuluhan terkait macam-macam tanaman herbal sesuai dengan jenis penyakit serta memberi informasi dan pengetahuan pada masyarakat tentang apa itu DAGUSIBU dan diadakan cek kesehatan untuk mencegah penyakit, pembuatan tanaman TOGA serta senam pagi.


Keywords


Desa Mekar Jaya, DAGUSIBU, ISPA, TOGA

Full Text:

PDF

References


Ali, dkk. (2019). Perawataninfeksisaluran Pernafasan Akut (Ispa)Pada Balita. 1, 25–34.

Arsin, A. A., Istiqamah, S. N. A., Elisafitri, R., Nurdin, M. A., Sirajuddin, S., Pulubuhu, D. A. T., Usman, A. N., Aisyah, & Yani, A. (2020). Correlational study of climate factor, mobility and the incidence of Dengue Hemorrhagic Fever in Kendari, Indonesia. Enfermeria Clinica, 30, 280–284.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jambi.

Elisti, A. (2015). Evaluasi Pengetahuan Ibu-ibu PKK Tentang Penyakit ISPA sebelum dan Sesudah diberi Edukasi dengan Ceramah dan Leaflet di Kabupaten Grobogan.

Mulat, T. C., & Suprapto. (2018). Jurnal Ilmiah Kesehatan Trimaya Cahya Mulat , 2 Suprapto. JUrnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 1384–1387.

Pitaloka, L. (2020). Pencegahan Penyakit Ispa Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Dan Sampah Di Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 301.

Sabri, R. (2019). Faktor Yang Memengaruhi Tingginya Penyakit Ispa Pada Balita Di Puskesmas Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara. Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health, 1(2), 69.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku.

Novikasari, L., Setiawati, & Sugiantoro, M. (2021). Asuhan Keperawatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Pada Anak Dengan Menggunakan Jahe Merah dan Madu. Journal of Public Health Concerns, 1(4), 199-207.

Wulangningsih, I., & Hastuti, W. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang ISPA dengan Kejadian ISPA Pada Balita di Desa Dawungsari Kecamatan Pegadon Kabupaten Kendal. Jurnal SMART Keperawatan, 5(1), 90-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2137-2144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.