
(2) Dwi Putria Nasution

*corresponding author
AbstractTujuan khusus kegiatan pengabdian ini adalah untuk membangun kesadaran belajar matematika melalui pendekatan historis pada siswa SMA Negeri 6 Padangsidimpuan sehingga mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan kegiatan menggadopsi pola kegiatan perencanaan,  pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Untuk dapat meningkatkan kesadaran belajar matematika siswa dilakukan pembelajaran matematika dengan pendekatan historis. Kesadaran belajar matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang ditinjau dari aspek prilaku, kebiasaan, gaya belajar dan kepribadian belajar siswa melalui pendekatan historis dapat meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata rata hasil awal angket kesadaran belajar siswa (73,79) berada dalam kategori sedang dan nilai rata rata akhir angket kesadaran siswa (79,41) berada dalam kategori baik. Kegiatan pengabdian dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan historis memberi   manfaat bagi siswa karena siswa lebih memahami materi matematika yang dipelajari, siswa merasa sangat berminat dan siswa lebih senang dalam kegiatan pembelajaran matematika.
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v2i1.45-54 |
Article metricsAbstract views : 912 | PDF views : 535 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Abusiri. (2017). Media Pembelajaran dan Upaya Membangun Kesadaran Belajar Siswa. HIKMAH, XIII(1), 36–64. Retrieved from http://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/view/81/62
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, III(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Fahmi, R. (2015). Membangun Kesadaran Belajar. Retrieved from https://www.kompasiana.com/www.kompasiana_robith.com
Fathurrohman, M. N. (2014). Tokoh Ilmuwan Penemu bidang Matematika. Retrieved from https://blogpenemu.blogspot.com/2014/08/tokoh-ilmuwan-penemu-bidang-matematika.html
Fitriani, Novitasari, W., & Siregar, Y. A. (2018). Workshop Pengembangan Bahan Ajar. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 149–157. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i3.149-157
Harahap, A. F. D., Tuah, S., Ariaji, R., & Mulyana, V. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft Power Point dan Camtasia di Smamuhammadiyah 11 Kota Padangsidimpuan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i1.7-11
Ilyas, S. (2016). Membangun Kesadaran Belajar Siswa. Retrieved from https://belitongekspres.co.id/membangun-kesadaran-belajar-siswa
Istiyani, D. (2009). Kesadaran dan Self -Directed Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif dalam Era Neoliberalisme. FORUM TARBIYAH, 7(2), 131–142. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/89818-ID-kesadaran-dan-self-directed-learning-seb.pdf%0A
Lubis, F. A., Dongoran, P., & Lubis, J. A. (2018). “Pengeminitor†Pelatihan Penyusunan Instrument Penilaian Kognitif dan Psikomotorik pada Guru- Guru Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i3.158-164
Nurulia, L. (2016). Konsep Kesadaran Diri dan Kemauan Belajar Mandiri Sebagai Dasar Model Pembelajaran Inquiry di Era Pendidikan Modern. Retrieved from https://bdksemarang.kemenag.go.id/konsep-kesadaran-diri-dan-kemauan-belajar-mandiri-sebagai-dasar-model-pembelajaran-inquiry-di-era-pendidikan-modern/
Rama. (2016). Daftar Tokoh Penemu Bidang Matematika. Retrieved from https://kumpulanpenemudunia.blogspot.com/2016/01/daftar-tokoh-penemu-bidang-matematika.html
Sukoyo, M. U. (2014). Pengaruh Kesadaran Belajar, Kemandirian Belajar, dan Fasilitas Bengkel terhadap Kompetensi Siswa pada Mata Diklat Dasar Instalasilistrik di SMK N 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/30056/1/M. Umam Sukoyo 10501249001.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.