EDUKASI KOMPREHENSIF DAN LOKALISASI KAWASAN MEROKOK DI KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN SELATAN

Cory Linda Futri, Eki Maryo Harahap, Arinil Hidayah, Rini Amalia Batubara, Sakinah Yusro Pohan, Masrina Munawarah Tampubolon, Hafni Nur Insan, Natar Fitri Napitupulu, Hotma Royani Siregar

Abstract


Merokok merupakan kegiatan yang sering kita jumpai di masyarakat dan aktivitas yang tidak asing lagi bagi kita dalam kehidupan sehari-hari pada saat sekarang ini. Kegitatan ini dapat kita temui dimana saja, didaerah pedesaan maupun didaerah perkotaan, fasilitas umum, seperti tempat kerja, angkutan umum, tempat ibadah, arena kegiatan anak-anak, tempat pelayanan kesehatan dan instansi pendidikan seperti sekolah dan kampus. Merokok menjadi masalah karena menimbulkan banyak kerugian, baik dari segi sosial, moral, ekonomi finansial, maupun kesehatan yang dapat mengakibatkan kematian atau penurunan Sumber Daya Manusia yang produktif. Rokok sangat berpengaruh bagi kebudayaan Indonesia khususnya Kota Padangsidimpuan yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Suku Batak angkola yang ada di Kota Padangsidimpuan menjadikan rokok sebagai suatu hal yang sangat penting peranannya. Kebiasaan merokok ini sangat tidak mudah diubah pada masyarakat meskipun pihak Puskesmas sudah gencar melakukan penyuluhan-penyuluhan bahaya merokok terhadap kesehatan. Tujuan dari pengabdian yaitu memberikan edukasi komprehensif dan lokalisasi kawasan merokok di Kecamatan Padangsidmpuan Selatan. Metode yang dilaksanakan yakni bekerjasama dengan pihak Puskesmas Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan dengan melibatkan tokoh adat dan tokoh masyarakat sebagai sasaran sekaligus kader yang kemudian akan tergabung sebagai penyuluh bahaya merokok ke masyarakat. Sosialisasi dilaksanakan dengan metode ceramah menggunakan slide power point dan membagikan leaflet. Populasi dan sampel pengabdian ini berjumlah 50 orang. Hasil pengabdian masyarakat ini diterima antusis oleh peserta yang terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya seputar informasi mengenai topik yang diberikan. Diharapkan kegitan penyuluhan tentang bahaya rokok serta pembuatan lokalisasi kawasan merokok disetiap lingkungan bisa dilaksanakan di semua daerah di Padangsdidimpuan sehingga mencakup seluruh lapisan masyarakat lebih  mengetahui dan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Keywords


rokok, edukasi, lokalisasi kawasan rokok

Full Text:

PDF

References


Devina V. Wibowo, D.H (2017). Hubungan Merokok dengan Kadar Hemoglobin dan Trombosit Pada Perokok Dewasa. Jurnal E-Biomedik (eBm), Volume 5, Nomor 2, Juli-Desember 2017, Volume 5, Nomor 2.

Rambe, N. ( 2018). Analisis Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok ( KTR) di Sekolah Dasar Kota Padangsidimpuan. Universitas Sumatera Utara.

Siregar, H. R. ( 2021). Penyuluhan Kesehatan: Dampak Paparan Asap Rokok Terhadap Kesehatan Keluarga Di Desa Manunggang Jae Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa ( JPMA).

Sumut, D. ( 20217). Profil Kesehatan DInas Kesehatan Sumatera Utara. Dinkes Sumut.

WHO.(2019). Rokok Tetap Jadi Sebab Utama Kematian dan Penyakit. World Healt Organization ( WHO).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2014-2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.