PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA 19 (COVID 19) DI KELURAHAN AEK PAING, KECAMATAN RANTAU UTARA, KABUPATEN LABUHAN BATU

Muhammad Ikhsan, Syaiful Amri Saragih

Abstract


Ada beberapa permasalahan yang terjadi di Kelurahan Aek Paing, Kec. Rantau Utara, Kab. Labuhan Batu selama pandemi virus corona 19, seperti kesadaran untuk melindungi diri dari covid 19 masih sangat rendah, lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya, aktivitas anak-anak setempat yang masih kurang, serta tidak optimalnya pemanfaatan lahan pekarangan warga setempat. Kegiatan pemberdayaan ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga diri dari covid 19 dan berpartisipasi aktif dalam rangka mengurangi penyebaran virus, (2) Meningkatan kebersihan lingkungan, (3) Meningkatkan aktivitas anak-anak di dalam suasana pandemi covid 19, dan (4) Memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi, pendampingan, dan pelatihan dengan agenda kegiatan yang dilakukan meliputi: (1) Memberikan wawasan dan pemahaman terkait pentingnya menjaga diri dari covid 19 ; 2) Bergotong-royong membersihkan lingkungan serta pembuatan tong sampah; (3) Meningkatkan aktivitas anak-anak dengan bersama-sama melakukan penanaman biji sawi pakcoy; dan (4) Pemanfaatan lahan pekarangan warga dengan melakukan penanaman tanaman secara vertikultur. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan bahwa masyarakat semakin sadar akan bahaya penyebaran virus corona 19, masyarakat sudah semakin sadar akan kebersihan lingkungan dan memulai untuk membuat tong-tong sampah yang layak,  antusias anak-anak juga terlihat pada saat pendampingan penanaman sawi pakcoy, dan lahan pekarangan yang sebelumnya dibiarkan kosong saat ini telah termanfaatkan dengan pembuatan vertikultur. Partisipasi masyarakat cukup tinggi walaupun kegiatan dilakukan pada saat pandemi.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat, Pengelolaan Sampah, Vertikultur, Kelurahan Aek Paing.

Full Text:

PDF

References


Al-Dajani, H dan Marlow, S. 2013. Empowerment and entrepreneurship: A theoretical framework. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research. Vol. 19 No. 5.

Atmojo, J. T, Iswahyuni, S, Rejo, R, Setyorini, C, Puspitasary, K, Ernawati, H, dan Mubarak, A. S. 2020. Penggunaan Masker dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Terkini. Journal of Health Research. Vol. 3 No. 2.

Batubara, I. H, Sari, I. P, Hariani, P. P, Saragih, M, Novita, A, Lubis, B. S, Siregar, E. F. S. 2021. Pelatihan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika SMP Free Methodist 2. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 3.

Bria, L. N, Boanerges, P. T, dan Wilda, L. T. 2021. Pemanfaatan Lahan Perkarangan Melalui Sistem Vertikultur Budidaya Sayuran Kelompok Tani Sinar Manumti Desa Upfaon. Bakti Cendana: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Cattaneo, L. B, dan Goodman, L. A. 2015. What is empowerment anyway? A model for domestic violence practice, research, and evaluation. Psychology of Violence. Vol. 5 No. 1.

Dominiko, T. A, Lilik, S dan Ninuk, H. 2018. Respon Tanaman Pakcoy (Brassica rapachinensis) Terhadap Penggunaan Pupuk Kascing dan Biourin kambing. Jurnal Produksi Tanaman. Vol. 6 No. 1.

Rimbawati, Siregar, Z, Yusri, M, Al Qamari, M. 2021. Penerapan Pembangit Tenaga Surya pada Objek Wisata Kampung Sawah Guna Mengurangi Biaya Pembelian Energi Listrik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4 No. 1.

Roanisca, O, Mahardika, R. G, dan Mayasani, N. 2021. Pendampingan Pembuatan Disinfektan dan Pembersihan Lingkungan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Dharma Pengabdian Perguruan Tinggi (DEPATI). Vol. 1 No. 1.

Sedyastuti, K. 2018. Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia. Vol. 1 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1895-1901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.