PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL NUMERASI UNTUK PERSIAPAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM - ASESMEN NASIONAL (AKM-AN) BAGI GURU MATEMATIKA

Ratri Rahayu, Himmatul Ulya

Abstract


Asesmen Nasional (AN) dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di tahun 2021, sekolah perlu mempersiapkan siswa untuk dapat mengikuti AKM dengan baik dengan memberikan penguatan terkait literasi dan numerasi. Akan tetapi banyak calon guru matematika yang masih belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai literasi numerasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa AKM dan numerasi merupakan hal baru bagi guru matematika di SMP 3 Bae. Guru kurang memiliki pengetahuan untuk menyusun soal numerasi sebagai upaya menyiapkan siswa menghadapi AKM. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada guru matematika di SMP 3 Bae mengenai penyusunan soal numerasi untuk persiapan AKM-AN. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP 3 Bae dengan 4 peserta kegiatan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021 dan 3 November 2021. Metode kegiatan ini yaitu sosialisasi interaktif dan pendampingan. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru matematika SMP 3 Bae Kudus mengenai penyusunan soal numerasi.


Keywords


asesmen nasional; asesmen kompetensi minimum; numerasi; matematika; soal

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Calon Guru. Delta-Pi, 9(2), 237–247.

Dasaprawira, M. N., Zulkardi, & Susanti, E. (2019). Developing Mathematics Questions of PISA Type Using Bangka Context. Journal on Mathematics Education, 10(2), 302–314.

DetikNews. (2019). Gantikan UN, Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter?

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Kusumah, Y. (2011). Literasi Matematis. Seminar Nasional Pendidikan MIPA.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–78.

Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 174.

Purpura, D. J., Hume, L. E., Sims, D. M., & Lonigan, C. J. (2011). Journal of Experimental Child Early literacy and early numeracy : The value of including early literacy skills in the prediction of numeracy development. Journal of Experimental Child Psychology, 110(4), 647–658. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2011.07.004

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 5(1), 67–76.

Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspendik. (2016). Hasil Indonesian National Assesment Programme (INAP).

Putri, E. R., Yuliati, S. R., & Hadi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasardi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Dinamika Sekolah Dasar, 1–10.

Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 97–110.

Rahayu, R., & Ulya, H. (2022). Pelatihan Aplikasi XRecorder untuk Media Pembelajaran Daring bagi Guru SD. PengabdianMu, 7(1), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i1.2290

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. 8(2).

Widodo, S. A., Sunardi, L., & S., N. D. (2015). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i6.2157-2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.