PELATIHAN PERAWATAN PAYUDARA BAGI KADER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI DESA KAPITA KEC. BANGKALA KAB.JENEPONTO

Azrida M, Andi Masnilawati

Abstract


Masa pasca partum perlunya perhatian khusus sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Indonesia. Salah satu cara menanggulangi kematian ibu dan bayi yaitu pakar kesehatan dalam menolong berfokus pada periode intrapartum. Masalah yang terjadi pada saat menyusui seperti puting susu lecet, pembekakan pada payudara, mastitis, dan abses payudara, kelainan bentuk pada puting, atau bayi tidak mau menyusu (bingung puting). Perawatan pada payudara yang dilakukan dengan teratur dan tepat dapat memudahkan bayi   mendapatkan ASI. Perawatan ini juga dapat mengstimulasi produksi ASI dan dapat mencegah terjadinya luka lecet saat menyusui. Perawatan payudara yang dilakukan memberikan manfaat seperti menjaga kebersihan payudara terutama pada daerah puting, punting susu menjadi lentur sehingga memudahkan bayi untuk mengisap ASI, dan mengstimulus  kelenjar-kelenjar air susu sehingga produksi ASI bertambah banyak dan lancar serta sebagai deteksi dini kelainan pada payudara, sehingga dapat melakukan upaya pencegahan untuk mengatasi masalah-maslah yang muncul serta mempersiapkan mental (psikis) ibu untuk menyusui. Promosi kesehatan yang dapat dilaksanakan dengan memenuhi kriteria mudah yang mudah dilakukan dan menarik yaitu dengan memberikan pelatihan. Kader kesehatan membutuhkan dukungan dan bekal ilmu untuk dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai kader agar ibu dapat menyusui dan dapat memberikan ASI pada bayinya secara Ekslusif.


Keywords


kader,perawatan payudara,pasca partum

Full Text:

PDF

References


Ambarwati (2010) Asuhan Kebidanan Pasca partum. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Gamelia, E., Anandari, D. and Purnamasari, D. U. (2016) ‘Rural-based health promotion model for pregnant women in Banyumas district’, Kesmas, 11(1), pp. 7–13. doi: 10.21109/kesmas.v11i1.687.

Muslim, V. Y. and Halimatusyaadiah, S. (2019) ‘Pengaruh Perawatan Payudara Terhadap Kelancaran Pengeluaran ASI Pada Ibu Postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule Tahun 2017’, Jurnal Midwifery Update (MU), 1(1), p. 1. doi: 10.32807/jmu.v1i1.33.

Saleha, S. (2009) Pasca partum, Asuhan Kebidanan Pada Masa. Jakarta: Salemba Medika.

Sri Astuti dkk (2015) Asuhan Kebidanan Pasca partum dan Menyusui. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2881-2885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.